CONVERSATIONAL IMPLICATURE FOUND IN MATA NAJWA TALK SHOW EPISODE : PURA- PURA PENJARA

DINDA NIKITA PERMATASARI, 121511233153 (2019) CONVERSATIONAL IMPLICATURE FOUND IN MATA NAJWA TALK SHOW EPISODE : PURA- PURA PENJARA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FS.BE 170-19 Per c abstrak.pdf

Download (50kB)
[img] Text
FS.BE 170-19 Per c daftar isi.pdf

Download (77kB)
[img] Text
FS.BE 170-19 Per c daftar pustaka.pdf

Download (54kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FS.BE 170-19 Per c.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat diwawancarai atau menyampaikan pidato, para politisi biasanya mengabaikan maxim, enggan untuk mengikuti, dan melanggar maxim. Kondisi ini juga berlaku untuk beberapa politisi yang sekarang menjadi tahanan korupsi di Lapas Sukamiskin. Penelitian ini berfokus pada maxim yang dilanggar oleh para terpidana korupsi serta tipe conversational implicature selama wawancara dalam sebuah talk show. Penelitian ini juga berfokus pada maxim yang dilanggar oleh para tamu serta tipe conversational implicature selama wawancara. Data diambil dari talk show Mata Najwa dalam episode Pura - Pura Penjara. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Cooperative Principle oleh Grice. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dalam menganalisis dan menafsirkan data. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa maxim yang paling sering dilanggar adalah maxim of quanitity yang mencapai 49% dari total maxim yang dilanggar. Jenis dominan conversational implicature berdasarkan maxim yang dilanggar adalah particularized conversational implicature. Persentase yang muncul adalah 86% dari total maksim yang dilanggar. Kesimpulan dari studi ini menunjukkan bahwa para terpidana korupsi cenderung meyakinkan hadirin untuk menunjukkan bahwa mereka tidak bersalah. Mereka cenderung menolak keterlibatan mereka dalam kasus suap, terlepas dari fakta dan bukti yang ditemukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BE 170/19 Per c
Uncontrolled Keywords: Conversational Implicature, Cooperative Principle, Flouting Maxim, Generalized Conversational Implicature, Particularized Conversational Implicature.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
DINDA NIKITA PERMATASARI, 121511233153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEMA FAIZA,S.S.,M.Hum., NIDN: '0014107402UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 17 Oct 2019 02:24
Last Modified: 17 Oct 2019 02:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/89280
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item