STRATEGI REGULASI EMOSI PADA REMAJA LAKI-LAKI KORBAN BULLYING DI ASRAMA SEKOLAH MENENGAH ATAS OLAHRAGA

BALQIS LAILANI, 111411131045 (2019) STRATEGI REGULASI EMOSI PADA REMAJA LAKI-LAKI KORBAN BULLYING DI ASRAMA SEKOLAH MENENGAH ATAS OLAHRAGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (119kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (151kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (122kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 November 2022.

Download (2MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang strategi regulasi emosi pada remaja laki-laki yang menjadi korban bullying di asrama sekolah olah raga. Fokus penelitian ini yaitu mengetahui strategi regulasi emosi yang dilakukan remaja laki-laki korban bullying di asrama sekolah menengah atas olah raga. Strategi regulasi emosi didefinisikan sebagai upaya yang dilakukan individu untuk mengendalikan, meningkatkan atau menurunkan satu atau lebih komponen dari respon emosi pada suatu kondisi dalam rangka mencapai tujuan tertentu yaitu emosi yang diharapkan. Perspektif teori yang digunakan pada penelitian ini merupakan teori strategi regulasi emosi milik Gross. Dalam penelitian ini melibatkan 2 orang subjek remaja laki-laki korban bullying yang merupakan siswa kelas X yang bersekolah dan tinggal di asrama sekolah menengah atas olahraga. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus intrinsik. Menggunakan teknik wawancara dalam penggalian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi regulasi strategi regulasi emosi antecedent-focused yang dilakukan yaitu menghindari stimulus yang menimbulkan emosi negatif, menolak dan melawan secara verbal, mengalihkan kesedihan dan kemarahan dengan sesuatu yang menyenangkan, bersikap sabar dalam menghadapi permasalahan. Strategi response-focused yang dilakukan yaitu berusaha memendam perasaanya dan menyembunyikan kondisi yang sebenarnya pada siapapun. Faktor yang mempengaruhi regulasi emosi antara lain faktor internal tempramen, faktor eksternal attachment, dan faktor eksternal caregiver.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 215/19 Lai s
Uncontrolled Keywords: Adolescent, Bullying, Emotion Regulation Strategy
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
BALQIS LAILANI, 111411131045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDuta NurdibyanandaruUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Nov 2019 10:45
Last Modified: 18 Nov 2019 10:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/91141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item