Perbedaan Psychological Well-Being Anak Usia Dini Ditinjau Dari Keikutsertaan Program Tahfidz Al-Qur’an

Daniswari Hartika (2019) Perbedaan Psychological Well-Being Anak Usia Dini Ditinjau Dari Keikutsertaan Program Tahfidz Al-Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (264kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (83kB)
[img] Text
3. ABSTRAK .pdf

Download (87kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (122kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (59kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (710kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan psychological well-being antara anak usia dini yang mengikuti dan tidak mengikuti program tahfidz Al-Qur’an. Psychological well-being merupakan konsepsi wellbeing dalam pendekatan eudaimonic yang berfokus pada pemaknaan hidup, pemenuhan diri serta penentuan nasib atas diri individu itu sendiri (Ben-Arieh, dkk., 2014). Dalam penelitian ini, pengalaman anak terkait keikutsertaan program tahfidz yang menjadi fokus dalam menentukan psychological well-being anak usia dini. Terdapat tiga aspek dalam mengukur psychological well-being anak usia dini (prasekolah) yaitu self-concept, life satisfaction, dan resilience (Abed, dkk., 2016). Penelitian ini dilakukan pada anak usia dini berusia 5-6 tahun dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 128 anak yang terdiri dari 64 subjek kelompok tahfidz dan 64 subjek kelompok non-tahfidz. Instrumen penelitian berupa kuesioner yang terdiri dari 12 aitem pernyataan. Teknik analisis data kuantitatif yang digunakan adalah uji beda independent sample t-test dan Mann-Whitney U melalui software statistik Jamovi for Windows 1.0.6. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar <0,001 dan Cohen’s d sebesar 0,542. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan psychological well-being anak usia dini antara kelompok tahfidz dan non-tahfidz

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 06/20 Har p
Uncontrolled Keywords: early childhood psychological well-being, tahfidz Al-Qur’an
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Daniswari HartikaNIM111611133061
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana NNIDN0027027203
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:51
Last Modified: 03 Feb 2020 08:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item