Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Ipad Atas Persyaratan Manual Book Dan Sertifikasi Alat Dan Perangkat Telekomunikasi

Diah Pawestri Maharani (2020) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Ipad Atas Persyaratan Manual Book Dan Sertifikasi Alat Dan Perangkat Telekomunikasi. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (255kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (320kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PRODUK TELEMATIKA ATAS PERSYARATAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 June 2023.

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA DALAM PELANGGARAN MANUAL BOOK DAN PERSYARATAN SERTIFIKASI PRODUK TELEMATIKA.pdf
Restricted to Registered users only until 22 June 2023.

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 22 June 2023.

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam tesis yang berjudul : “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Ipad Atas Persyaratan “Manual Book” Dan Sertifikasi Alat Dan Perangkat Telekomunikasi Produk Telematika ini, dilatarbelakangi inkonsistensi putusan hakim pada kasus hukum serupa yang terjadi di Indonesia yaitu penjualan produk telematika berupa ipad. Kasus ini menjadi penting untuk dikaji karena dianggap terdapat unsur kriminalisasi terhadap pelaku usaha produk tersebut yang di dakwa telah melanggar Pasal 62 Ayat (1) juncto Pasal 8 Ayat (1) huruf j, serta Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Adapun alasan dakwaan tersebut ialah bahwa ipad yang diperjualbelikan tidak memiliki buku manual berbahasa Indonesia. Penjual perseorangan tersebut juga dijerat dengan Pasal 52 juncto Pasal 32 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi karena iPad belum dikategorikan sebagai alat elektronik komunikasi resmi. Dalam tesis ini penulis mengangkat dua rumusan masalah yaitu tentang bagaimana perlindungan hukum bagi konsumen produk telematika atas persyaratan “manual book” dan sertifikasi alat dan perangkat telekomunikasi dan bagaimana tanggung jawab dan tanggung gugat pelaku usaha dalam transaksi jual beli ipad demi memenuhi hak ekonomis konsumen. Selanjutnya tesis ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach) dan pendekatan kasus (case approach) dengan analisis ratio decidendi atau mempertimbangkan alasan-alasan mengapa suatu putusan tersebut dapat dijatuhkan. Hasil dari penelitian ini merujuk pada analisis terhadap Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 19 tahun 2009 tentang Pendaftaran Petunjuk Penggunaan (Manual) dan Kartu Jaminan atau Garansi Purna Jual Dalam Bahasa Indonesia Pada Produk Telematika dan Elektronika, dimana Hakim berpendapat bahwa iPad tidak termasuk produk yang harus menyediakan manual book berbahasa Indonesia, sehingga terdakwa harus dibebaskan dari dakwaan pertama. Sedangkan dalam dakwaan kedua bahwa terdakwa telah melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi karena menjual ipad tidak dilengkapi sertifikasi yang dikeluarkan oleh Ditjen Postel, menurut majelis hakim bahwa terdakwa adalah perseorangan yang tidak diwajibkan untuk melakukan sertifikasi seperti yang disyaratkan dalam Undang-Undang Telekomunikasi. Majelis menyebut bahwa yang diwajibkan oleh undang-undang adalah perusahaan atau wakilnya, importir dan instansi yang akan memperdagangkan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THB.04-20 Mah p
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Manual Book, Sertifikasi Alat Dan Perangkat Telekomunikasi, Produk Telematika
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
Diah Pawestri MaharaniNIM031043065
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri HandayaniUNSPECIFIED
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 22 Jun 2020 07:41
Last Modified: 22 Jun 2020 07:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/95872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item