Tanggungjawab Perusahaan Asuransi dalam Kegiatan Pemasaran Produk Asuransi Unit Link melalui Agen

Selvi Wibriana Sari (2020) Tanggungjawab Perusahaan Asuransi dalam Kegiatan Pemasaran Produk Asuransi Unit Link melalui Agen. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (431kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (299kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (398kB)
[img] Text (BAB II KARAKTERISTIK PERJANJIAN...)
5. BAB II KARAKTERISTIK PERJANJIAN ASURANSI....pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2023.

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III BENTUK TANGGUNGJAWAB...)
6. BAB III BENTUK TANGGUNGJAWAB PERUSAHAAN....pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2023.

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 30 July 2023.

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (435kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Asuransi unit link mengkombinasikan dua produk keuangan, yaitu produk asuransi dan produk investasi. Sebagai agen dari perusahaan asuransi, agen asuransi bertindak untuk dan atas nama perusahaan asuransi dalam memasarkan produk asuransi, sehingga agen asuransi berkewajiban untuk menerapkan prinsip itikad baik dalam pemasaran produk asuransi unit link. Dalam prakteknya, agen tidak menjelaskan secara detil mengenai isi polis produk asuransi unit link tersebut. Untuk mengetahui dan mengalisis karakteristik perjanjian asuransi unit link terkait dengan perbuatan agen dalam memasarkan produk unit link perusahaan asuransi. Tujuan dari tesis ini adalah untuk menganalisis bentuk tanggungjawab perusahaan asuransi terhadap perbuatan agen dalam memasarkan produk asuransi unit link. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Sehingga berdasarkan analisis hasil yang didapatkan adalah perjanjian asuransi unit link juga temasuk dalam perjanjian asuransi secara umum. Yaitu terkait tentang adanya unsur pasal 1320 BW yang dibagi menjadi 2 (dua) unsur subyektif dan obyektif. Bilamana pada akhirnya tetap menimbulkan suatu kerugian yang dialami oleh konsumen terkait dengan pemasaran produk unit link melalui agen perusahaan asuransi, maka penyelesaian sengketa antara tertanggung dengan perusahaan asuransi dapat dilakukan mediasi melalui lembaga mediasi sesuai dengan aturan yang telah diatur dalam pasal 54 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 10/20 Sar t
Uncontrolled Keywords: Insurance Company, Agents, Unit Link Insurance Product, Customer.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8075-8107 Insurance business. Insurance management
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Selvi Wibriana SariNIM031814253079
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZahry Vandawati ChumaidaNIDN0003047302
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Jul 2020 15:46
Last Modified: 10 Aug 2020 16:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96603
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item