Representation of Asian Beauty in Body Shop’s Advertisements at Instagram: Multimodal

Feny Anggeria (2020) Representation of Asian Beauty in Body Shop’s Advertisements at Instagram: Multimodal. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (590kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text (ABSTRACT)
3. ABSTRACT.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (254kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (97kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada studi gender terhadap produk kecantikan, Body Shop menggunakan Analisa Multimodal. Penelitian ini bersumber dari 3 negara di Asia yang konsumen atau pengguna Body Shop tersebut lebih banyak daripada negara lain, negara tersebut yaitu: Indonesia, India, dan Korea Selatan. Analisis ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui proses pengumpulan, tabulasi, pemilihan, dan penyaringan iklan yang dipilih melalui media sosial, Instagram. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan intervensi data dari gambar atau foto yang diupload di Instagram Body Shop: @ thebodyshopindo, @ thebodyshopindia, @thebodyshop_korea. The Body Shop dikenal sebagai produk kecantikan di pasar dunia dan memiliki sejumlah ritel di berbagai negara Asia. Sampel penelitian ini adalah enam iklan dari masing-masing negara yang dipilih dari periode kemunculan Ambasador dari Agustus 2018 hingga Agustus 2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan di Indonesia cenderung menggunakan representasi atau model dengan wajah Indo atau blaster (multikultur) daripada model Indonesia sendiri. Hal ini mengidentifikasi adanya wacana bahwa sejak zaman dulu hingga sekarang, kecantikan wanita lebih terkait dengan pandangan atau pola pikir kolonisasi yang mengidentifikasi wanita Indonesia yang memiliki wajah campuran merupakan wanita yang cantik atau diidam-idamkan. Data di India ialah perawatan kulit tubuh. Wanita terlihat sempurna ketika mereka memiliki kulit putih yang diperlihatkan dengan konstruksi permainan tangan mereka dimana sentuhan feminin merupakan pandangan lebih baik. Pemilihan kata digunakan sebagai kajian linguistik dan gambar yang menggunakan konteks budaya dijabarkan untuk mengidentifikasi situasi saat ini terhadap produk Body Shop.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TIL 10/20 Ang r
Uncontrolled Keywords: beauty, advertisements, the body shop, multimodal
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik
Creators:
CreatorsNIM
Feny AnggeriaNIM121714253015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Wayan SartiniNIDN0008116307
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 10 Aug 2020 13:16
Last Modified: 07 Sep 2020 03:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item