Kemampuan Literasi Informasi pada Siswa SMP Negeri 3 Trenggalek

Dian Utami (2019) Kemampuan Literasi Informasi pada Siswa SMP Negeri 3 Trenggalek. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (319kB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (133kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (159kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (314kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM .pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2023.

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2023.

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISA DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2023.

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2023.

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (143kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2023.

Download (514kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan informasi di kalangan remaja cukup tinggi, akan tetapi siswa belum mampu dalam mengakses informasi dengan baik. Setelah dilakukan survey menggunakan kuesioner dan mewawancarai responden. Dapat diketahui siswa belum mampu menentukan topik dalam mencari sebuah informasi. Padahal menentukan topik merupakan kunci utama dalam melakukan pencarian informasi. Sehingga perlunya pengarahan dan pemahaman kepada siswa saat melakukan pencarian informasi melalui internet. Model empowering 8 ini menggunakan pendekatan pemecahan masalah resource-based learning yang mengajarkan sumber informasi tidak hanya berasal dari guru, melainkan internet.Penelitian ini ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengakses informasi. Literasi informasi tidak hanya berkaitan dengan membaca dan menulis, melainkan juga mampu mengidentifikasi informasi, mengeksplorasi informasi lebih dalam, menyeleksi informasi yang dibutuhkan, mengorganisasi informasi, menciptakan karya, presentasi, penilaian dan mengaplikasikan informasi. Informasi yang disajikan juga perlu di seleksi dulu oleh penyedia informasi, sebab banyak informasi yang bermunculan di internet tidak sesuai dengan kenyataannya. Sehingga membuat orang yang membaca bingung mana informasi yang benar. Hasil yang diperoleh dilapangan mengenai siswa dalam mengakses media terdapat tiga jenis seperti internet 4%, media sosial 58%, dan main game 38%. Melihat kondisi tersebut dapat diketahui kurangnya siswa dalam memanfaatkan internet, lebih mengakses media sosial untuk memperoleh hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 33/20 Uta k
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan informasi, Empowering 8, dan Literasi informasi.
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Dian UtamiNIM071511633074
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYunus Abdul HalimNIDN0023017506
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 31 Aug 2020 06:15
Last Modified: 31 Aug 2020 06:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item