Nurus Ika Hardiyanti (2019) Analisa Paired Reading Antara Ibu Dan Anak Dalam Menumbuhkan Gemar Membaca Anak. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (335kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (182kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (309kB) |
|
Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (373kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (143kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (175kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 17 September 2023. Download (508kB) | Request a copy |
Abstract
Belajar membaca merupakan salah satu keterampilan utama yang perlu dimiliki oleh anak-anak. Aktivitas membaca penting diterapkan pada anak sejak usia dini, dimana dengan membaca anak dapat memperoleh pengetahuan yang luas. Oleh karena itu, Ibu dapat mengajak anak untuk melakukan aktivitas membaca berpasangan guna menumbuhkan gemar membaca anak usia dini. Menumbuhkan gemar membaca pada anak sejak dini tepat dilakukan oleh Ibu yang nantinya akan berpengaruh pada kesuksesan terkait pendidikan anak (kesuksesan akademisnya). Ibu diharapkan memiliki perubahan kebiasaan ketika melakukan aktivitas membaca bersama anak usia dini guna menumbuhkan gemar membaca. Ibu dalam menumbuhkan gemar membaca anak usia prasekolah memerlukan tugas ekstra untuk berbagai aktivitas membaca. Hal tersebut dikarenakan anak usia ini memerlukan bimbingan lebih dibanding anak-anak yang sudah memasuki sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran aktivitas Paired Reading antara Ibu dan Anak dalam menumbuhkan gemar membaca anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, dengan lokasi penelitian di wilayah Surabaya Timur. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ibu di Surabaya telah melakukan berbagai upaya melalui metode Paired Reading untuk meningkatkan kefasihan dan pemahaman membaca anak guna menumbuhkan gemar membaca anak, dengan prosentase 96% Ibu telah menemani anak dalam melakukan aktivitas membaca. Sedangkan untuk perilaku gemar membaca anak dapat dilihat dari berapa banyak Ibu menyediakan bahan bacaan dan juga berapa banyak buku yang telah dibaca oleh anak selama 1 bulan. Kebiasaan Ibu saat di rumah dan pemberian motivasi oleh Ibu untuk anak dapat memengaruhi anak untuk memiliki ketertarikan terhadap kegiatan membaca.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.IIP 28/20 Har a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas Paired Reading , menumbuhkan gemar membaca anak, membaca bersama | ||||||
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General) | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:53 | ||||||
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98989 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |