Kreasi Garnish Pada Penyajian Makanan (Studi Deskriptif Tentang Kreasi Garnish Pada Penyajian Makanan Di Butter & Bean Café Surabaya)

Yulitania Eka Putri (2019) Kreasi Garnish Pada Penyajian Makanan (Studi Deskriptif Tentang Kreasi Garnish Pada Penyajian Makanan Di Butter & Bean Café Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (734kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (542kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (590kB)
[img] Text (BAB II DESKRIPSI LOKASI)
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (945kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA)
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (953kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 December 2023.

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
26-Surat embargo Tania - yulitania eka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyajian makanan pada restoran atau café merupakan salah satu hal yang penting dalam daya tarik bagi konsumen selain rasa. Makanan ditata diatas piring dengan kreasi dari para chef. Chef yang memiliki kreativitas dan kemampuan bisa menciptakan hidangan yang dapat menjual makanan dengan nilai jual yang tinggi. Hidangan yang diberi dengan sentuhan garnish dapat terlihat menarik, mewah dan mempunyai nilai seni. Garnish pada penyajian makanan juga bisa menjadi ciri khas tersendiri dan menjadi daya tarik karena persaingan dalam dunia bisnis kuliner jaman sekarang harus mempunyai inovasi baru dalam menjual makanan. Peneliti memilih café yang berada di pusat perbelanjaan Surabaya yaitu Butter and Bean Café Surabaya. Café ini memiliki konsep western dan Indonesia karena menjual makanan dari mancanegara dan Indonesia. Tampilan desain tempat dari café ini menarik dan tampilan makanannya juga menarik. Café ini menjual menu ala carte mulai dari makanan ringan dan beberapa makanan berat juga ada beberapa pilihan minuman. Café ini sering didatangi oleh anak muda sampai dewasa, mereka juga sering mengambil foto makanannya dan membagikannya ke sosial media yang membuat keuntungan karena butter and bean café menjadi lebih dikenal. Maka penulis ingin membahas mengenai bentuk kreasi garnish pada penyajian makanan dengan aspek – aspek yang dipertimbangkan saat membuat garnish pada food plating di Butter and bean café Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif deskripsi kualitatif ini dapat dilakukan untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi secara faktual, sistematis, dan akurat. Metode penelitian ini dapat menggambarkan, menjelaskan, atau meringkaskan berbagai kondisi, situasi, fenomena penelitian menurut kejadian sebagaimana adanya yang dapat dipotret, diwawancarai, diobservasi, serta yang dapat diungkapkan melalui bahan-bahan dokumenter. Hasil penelitian yang diperoleh penulis berupa penjelasan secara detail mengenai kreasi garnish dalam penyajian makanan di Butter and bean café Surabaya dan penjelasan mengenai beberapa aspek yang dipertimbangkan saat melakukan garnish meliputi Balance antara warna, bentuk, rasa, tekstur dan garnish itu sendiri, ukuran porsi hidangan dan penataan pada piring serta proses plating dan garnish pada makanan yang diciptakan oleh chef itu sendiri agar makanan menjadi menarik dan juga memiliki cita rasa yang enak.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.53-20 Put k
Uncontrolled Keywords: Garnish, Plating, Butter and Bean Cafe
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3926-3935 Food processing industries
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Yulitania Eka PutriNIM151711413027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah NurhidayatiNIDN0010127003
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 13 Dec 2020 04:31
Last Modified: 13 Dec 2020 04:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101584
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item