ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PENAGIHAN AIR CV MELATI SURABAYA

YUDI TRIMARYONO, 049812088 (2006) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN PENAGIHAN AIR CV MELATI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-trimaryono-1045-b_30_06.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-trimaryono-1045-b_30_06.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

CV Melati merupakan sebuah perusahaan rekanan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) sebagai kolektor tagihan atas penggunaan air PDAM. Selama karyawan bekerja, maka kontrol perusahaan menjadi sangat lemah karena semua karyawan bekerja di luar area kantor. Namun demikian sampai dengan saat ini perusahaan selalu mampu memenuhi target yang ditentukan pihak PDAM. Hal ini disebabkan karena perusahaan memiliki budaya atau nilai-nilai yang menjadi pedoman bagi karyawan untuk menghadapi permasalahan dan usaha penyesuaian integrasi ke dalam perusahaan, sehingga masing-masing karyawan memahami nilai-nilai yang ada dan bagaimana harus bertindak atau berperilaku, meskipun berada di luar perusahaan. Untuk itu penelitian ini dilakukan dengan judul "Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Budaya Perusahaan Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Penagihan Air Pada CV Melati Surabaya". Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor-faktor budaya perusahaan yang terdiri: kebiasaan pelaku (observed behavioral regularities), norma perusahaan (norms), nilai dominan (dominant value), filosofi perusahaan (philosophy), peraturan perusahaan (rules) dan iklim organisasi (organizational climate) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang bermakna terhadap kinerja karyawan CV Melati. Untuk mengetahui diantara faktor-faktor budaya perusahaan tersebut mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan CV Melati. Populasi yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah karyawan bagian penagihan rekening air yang berjumlah 40 orang. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik sensus, dimana seluruh karyawan bagian penagihan rekening air yang berjumlah 40 karyawan dijadikan sebagai sampel penelitian. Berdasarkan hasil regresi, didapat rumusan persamaan regresi yaitu: Y = 0,533 + 0,109 X1 + 0,136 X2 + 0,127 X3+ 0,157 X4+ 0,142 X5+ 0,180 X6 Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara simultan variabel kebiasaan pelaku (X1), norma perusahaan (X2), nilai dominan (X3) filosofi perusahaan (X4) peraturan perusahaan (X5) iklim kerja (X6) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai probabilitas yang lebih kecil dari level signifikan yang digunakan. Variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kinerja karyawan adalah variabel iklim kerja. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai t hitung dan tingkat probabilitas serta nilai korelasi parsial dan nilai beta variabel iklim kerja yang lebih besar dari variabel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 30/06 Tri a
Uncontrolled Keywords: ORGANIZATIONAL BEHAVIOR; PESONNEL MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
YUDI TRIMARYONO, 049812088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnis Eliyana, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 28 Apr 2006 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 03:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item