Amelia Cindy Pratiwi (2011) Kemampuan Membaca Anak Autisme dengan Menggunakan Colored Overlay. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (736kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (611kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (600kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (643kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 2 April 2024. Download (726kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 April 2024. Download (639kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 April 2024. Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 April 2024. Download (599kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (600kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 April 2024. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan membaca pada anak-anak dengan autisme serta untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami anak-anak autis dalam membaca. Penulis melihat bahwa gangguan sensori visual merupakan kendala bagi anak-anak autis dalam proses membaca. Oleh karena itu diperlukan suatu instrumen yang dapat membantu mereka mengurangi stress visual ketika membaca, yaitu colored overlays. Dengan menggunakan colored overlays, diharapkan kemampuan membaca akan lebih optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus instrumental untuk mngetahui kemampuan membaca dan kesulitan-kesulitan membaca pada anak autis. Subjek dalam penelitian ini diambil berdasarkan kriteria-kriteria sebagai berikut: (1) anak-anak dengan autisme, (2) mengalami gangguan sensori visual, (3) bisa membaca kalimat-kalimat sederhana, dan (4) bersedia menjadi subjek penelitian. Pada penelitian ini penulis menemukan dua orang subjek yang cocok dengan keseluruhan kriteria. Dalam pengambilan data, penulis melakukan observasi terhadap subjek dan wawancara dengan significant other. Data yang telah diperoleh dianalisa dengan menggunakan teknik coding. Dari penelitian ini penulis menemukan bahwa colored overlays efisien untuk mengurangi stress visual yang diderita oleh anak-anak dengan autisme, serta untuk mengoptimalkan kemampuan membaca mereka, terutama yang berkaitan dengan pengenalan kata dan akurasi membaca.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | autisme, stress visual, colored overlays, kemampuan membaca | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General) |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 02 Apr 2021 07:30 | ||||||
Last Modified: | 02 Apr 2021 07:30 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105201 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |