Erna Fitriatun (2016) Pengaruh Self-Efficacy Guru Dan Pengetahuan Mengenai Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Sikap Pada Pendidikan Inklusif Di Kota Mataram. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (855kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (509kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (356kB) |
|
Text (LANDASAN TEORI)
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (508kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL PENELITIAN DAN PEMAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (KSIMPULAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 16 April 2024. Download (119kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (557kB) |
Abstract
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara selfefficacy guru dengan sikap terhadap pendidikan inklusif dan juga terdapat hubungan antara pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus dengan sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Mengetahui pengaruh self-efficacy guru terhadap sikap pada pendidikan inklusif di Kota Mataram; (2) Mengetahui pengaruh pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus terhadap sikap pada pendidikan inklusif di Kota Mataram dan (3) Mengetahui Pengaruh antara self-efficacy guru dan pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus terhadap sikap pada pendidikan inklusif di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Sampel 97 guru kelas dan guru mata pelajaran yang berada di 11 sekolah dasar inklusif di Kota Mataram yaitu Kec. Mataram; Kec. Ampenan dan Kec. Cakra Negara yang dipilih secara rendom sederhana. Penelitian sikap menggunakan Teori Perilaku Terencana Ajzen (2005) dalam pendidikan inklusif mencakup fisik, sosial dan kurikulum (Mahat, 2008), self-efficacy guru Bandura (1997) diperluas dengan mencakup aktitifitas guru dalam kelas (Moran dan Hoy, 2001)dan pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus Bloom’s (1958) yang sudah direfisi oleh Krathwohl (2002). Hasil menunjukkan Ha dalam penelitian ini ditolak dan Ho diterima. Artinya self-efficacy guru dan pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus secara bersama-sama tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap sikap pada pendidikan inklusif.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self-efficacy guru; Pengetahuan mengenai anak berkebutuhan khusus; Sikap pada pendidikan inklusif | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Prihastuti | ||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2021 01:07 | ||||||
Last Modified: | 16 Apr 2021 01:07 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105667 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |