Perbedaan Penyesuaian Diri Antara Siswa Tunarungu Di Sekolah Inklusi Dan Di Sekolah Luar Biasa

Novan Adwiasa (2014) Perbedaan Penyesuaian Diri Antara Siswa Tunarungu Di Sekolah Inklusi Dan Di Sekolah Luar Biasa. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (827kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI .pdf

Download (719kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK .pdf

Download (688kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (667kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (PEMBAHASAN)
7. BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN)
8. KESIMPULAN .pdf
Restricted to Registered users only until 22 April 2024.

Download (688kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (687kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penyesuaian diri antara siswa tuna rungu yang di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa. Penyesuaian diri dalam penelitian adalah sebuah tingkah laku yang didasari oleh proses mental dan tingkah laku yang mendorong seseorang untuk menghadapi kebutuhan-kebutuhan internal, ketegangan, frustasi, konflik, serta untuk menghasilkan keselarasan antara tuntutan dari dalam diri individu dengan dunia luar atau lingkungan tempat individu berada. Sekolah Inklusi yang dimaksud adalah sekolah yang mempunyai sistem pendidikan mendidik anak-anak berkebutuhan khusus di lingkungan sekolah biasa atau reguler bersama anak-anak normal lainnya. Sekolah Luar Biasa yang dimaksud adalah sekolah yang mempunyai sistem pendidikan mendidik anak-anak berkebutuhan khusus di satu lingkungan sekolah khusus. Penelitian dilakukan pada 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah inklusi dan 12 Siswa Tuna Rungu di sekolah luar biasa di Surabaya. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan sampling jenuh. Alat pengumpul data berupa kuesioner penyesuaian diri 16 aitem yang disusun oleh peneliti. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik independent sample t-test melalui bantuan program SPSS versi 20.0 for Mac. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai signifikansi perbedaan antara penyesuaian diri siswa tunarungu di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa sebesar 0,001. Hasil ini menunjukkan bahwa ada perbedaan penyesuaian diri antara siswa tunarungu yang berada di sekolah inklusi dan sekolah luar biasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyesuaian Diri, Siswa Tunarungu, Sekolah Inklusi, Sekolah Luar Biasa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Novan AdwiasaNIM110810240
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuryantinah, -0009087002
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 24 Apr 2021 02:47
Last Modified: 24 Apr 2021 02:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105985
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item