Efektifitas Pembelajaran Koperatif (Cooperative Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Siswa Taman Kanak-Kanak

Dian Rachmawati Wasito (2015) Efektifitas Pembelajaran Koperatif (Cooperative Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Siswa Taman Kanak-Kanak. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (872kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (739kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (751kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (781kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (806kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Akhir-akhir ini, siswa taman kanak-kanak memiliki kecenderungan untuk melakukan perilaku buruk dan agresif. Salah satu penyebab adanya perilaku yang buruk pada seorang anak adalah rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki anak. Hal ini didukung dengan kenyataan dilapangan bahwa guru di taman-kanakkanak menunjukkan kurang memiliki program yang terstruktur untuk mengembangkan keterampilan sosial di sekolah. Adanya lingkungan yang kurang mengembangkan keterampilan sosial maka dapat diperkirakan memicu rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki anak. Penelitian menggunakan one-group pre test post test design ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran koperatif efektif meningkatkan ketrampilan sosial pada siswa taman kanak-kanak. Pembelajaran koperatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua tehnik yaitu tehnik think-pairshare dan jigsaw dalam waktu sepuluh hari. Subjek dalam penelitian berjumlah sepuluh siswa yang diperoleh berdasarkan hasil skala rendah oleh orang tua dan guru. Hasil penelitian uji statistik dengan menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan signifikan sebesar 0,005 (< 0,05) yang menunjukkan bahwa ada perbedaan keterampilan sosial pada subjek penelitian pada saat sebelum dan sesudah penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran koperatif tehnik think-pair-share dan jigsaw meningkatkan keterampilan sosial siswa taman kanakkanak baik pada aspek kerjasama, asertif, dan kontrol diri.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Students Kindergarten, Social Skills, Cooperative Learning
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Dian Rachmawati WasitoNIM111214153002
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Apr 2021 02:48
Last Modified: 05 May 2021 23:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106415
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item