Dyah Katarina (2016) Motivasi Bunda Pos PAUD Terpadu di Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (655kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (613kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (604kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (669kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (630kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (649kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara ilmiah gambaran motivasi bunda Pos PAUD Terpadu (PPT) dan faktor-faktor yang mempengaruhi, serta dinamika motivasinya. PPT adalah program kegiatan pendidikan berbasis masyarakat yang dilaksanakan oleh para bunda PPT yang bentuk kegiatannya menyerupai Kelompok Bermain (KB) dan terintegrasi dengan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Bina Keluarga Balita (BKB). Program tersebut bersifat sosial. Antusiasme bunda PPT untuk terlibat dalam kegiatan PPT sangat tinggi meskipun tidak mendapat gaji. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif model fenomenologi. Partisipan berjumlah 14 bunda PPT, ditentukan secara purposive, yaitu berdasar pada 3 macam peran bunda (sebagai bunda pendamping, pengelola, dan paguyuban). Teknik pengambilan data dilakukan dengan FGD (Focus Group Discussion) dan depth interview. Data yang terkumpul dianalisis secara tematik dengan model induktif (inductive thematic analaysis) setelah melalui proses koding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi bunda PPT di kota Surabaya tidak terbentuk secara spontan, melainkan melalui proses yang dinamis yang melibatkan interaksi antara faktor internal dan eksternal (baik positif maupun negatif). Faktor internal terdiri dari aspek kepribadian, pembelajaran, organisasional, dan keuangan, sementara faktor eksternal terdiri dari aspek keluarga, pemangku wilayah, pemangku kepentingan, dan keuangan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi para stake holder dalam menyusun suatu program kegiatan pendidikan berbasis masyarakat.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivation, Bunda Pos PAUD Terpadu (Bunda PPT), Early Child Education. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | ||||||
Date Deposited: | 02 May 2021 06:20 | ||||||
Last Modified: | 02 May 2021 06:20 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106531 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |