Arofatin Nashohah (2013) Prediktor Intensi Kecurangan Akademik Ditinjau Dari Minat Personal, Struktur Tujuan Kelas Dan Orientasi Tujuan Personal Pada Siswa SMA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN.pdf Download (811kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2 Daftar Isi.pdf Download (819kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf Download (728kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (809kB) |
|
Text (BAB II)
5 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (848kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (953kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (826kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk meneliti sejauh mana minat personal, struktur tujuan kelas, dan orientasi tujuan bisa memberikan prediksi pada intensi kecurangan akademik. Intensi kecurangan akademik yang dimaksud adalah ramalan tentang kemungkinan seseorang akan memutuskan untuk bertindak curang dalam konteks akademik. Minat personal adalah ketertarikan individu terhadap konten tertentu sehingga melibatkan usaha dan perhatian pada konten tersebut yang bersifat internal. Struktur tujuan kelas adalah persepsi siswa terhadap kegiatan pembelajaran dan tujuan yang ingin dicapai oleh kelas. Struktur tujuan kelas dibagi menjadi dua, yaitu: penguasaan terhadap materi dan fokus terhadap performa. Orientasi tujuan personal adalah alasan dan tujuan individu terlibat dalam proses belajar serta strategi yang digunakan mencapai tujuan tersebut. Orientasi tujuan personal dibagi menjadi dua, yaitu: penguasaan terhadap materi dan fokus terhadap performa. Penelitian ini dilakukan pada 76 siswa SMA dari 4 sekolah yang berbeda yang terdiri dari 34 siswa laik-laki dan 42 siswa perempuan. Teknik sampling yang digunakan adalah convenient sampling. Alat pengumpulan data berupa vignette dan skala psikologis, yang masing-masing disusun sendiri oleh penulis. Reliabilitas vignette intensi kecurangan akademik adalah 0,781, reliabilitas skala minat personal adalah 0,815, reliabilitas skala struktur tujuan kelas sebesar 0,776, dan skala orientasi tujuan personal sebesar 0,725. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan besar nilai F dari persamaan regresi adalah F= 0,468 dengan taraf signifikansi p= 0,705>0,05. Sedangkan persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 59,314 - 0,016X1 – 1,978X2 – 1,739X3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persamaan regresi ini tidak layak digunakan untuk melakukan prediksi intensi kecurangan akademik pada siswa SMA ditinjau dari minat personal, struktur tujuan kelas, dan orientasi tujuan personal memprediksi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensi kecurangan akademik, minat personal, struktur tujuan kelas, orientasi tujuan personal | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization > LB3011-3095 School management and discipline |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 03:28 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 03:28 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106614 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |