Anindya Purnama (2015) Efektifitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Ketrampilan Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar Inklusi Di Kabupaten Tuban. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (859kB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (760kB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (648kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (809kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (863kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (930kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (660kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (765kB) |
|
Text
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 4 May 2024. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) untuk meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan sosial siswa pada sekolah inklusi di Kabupaten Tuban. Prestasi belajar dan ketrampilan sosial merupakan masalah yang harus segera ditangani agar keberadaan sekolah inklusi sebagai penyelenggara pendidikan untuk semua mampu menjamin akses dan kualitasnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain nonradomized pretest-posttest control group design. Penelitian in menggunakan sampel berjumlah 40 siswa kelas III SDN Sidorejo II Tuban yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar mata pelajaran matematika dan observasi.Uji validitas butir soal pada tes prestasi berdasarkan penilaian para ahli (judgement expert), indeks kesukaran dan daya beda, sedangkan ketrampilan sosial berdasarkan penilian para ahli (judgement expert) dan uji validitas menggunakan program SPSS 22.0. Uji reliabilias menggunakan Cronbach's Alpha. Teknik analisis data untuk pengujian hasil penelitian menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test sample relateddengan olah data menggunakan program SPSS 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar dan ketrampilan sosial siswa pada sekolah dasar inklusi di Tuban.Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji statistik yang dinyatakan dengan hasil ujit-test sample related pada tes prestasi belajar dengan nilai signifikansi adalah 0,05< 3,663 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan untuk ketrampilan sosial meningkat sebesar 71,1% dengan kategori kuat.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | HANYA TERSEDIA FILE | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Prestasi Belajar, Ketrampilan sosial. | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | mrs siti muzaroh | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 12:15 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 12:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106693 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |