Pemenuhan Aspek-Aspek Kepuasan Perkawinan Pada Istri Yang Menggugat Cerai

Nurul Afni (2011) Pemenuhan Aspek-Aspek Kepuasan Perkawinan Pada Istri Yang Menggugat Cerai. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (641kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (507kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (478kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah gambaran pemenuhan aspek-aspek kepuasan perkawinan pada istri yang menggugat cerai. Aspek-aspek kepuasan perkawinan mencakup aspek materil, seksual, dan psikologis yang ketiganya harus terpenuhi agar mencapai kepuasan perkawinan. Kepuasan perkawinan dalam penelitian ini merujuk pada pengertian bahwa kepuasan perkawinan sebagai suatu pengalaman subjektif, suatu perasaan yang berlaku dan suatu sikap, dimana semua itu didasarkan pada faktor dalam diri individu yang mempengaruhi kualitas yang dirasakan dari interaksi dalam perkawinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrinsik. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan pendekatan purposive sampling yakni mengambil sampel dengan situasi tertentu yang telah ditentukan, sehingga bersifat representatif terhadap fenomena yang dipelajari. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah: 1) Istri yang menggugat cerai dan telah selesai mengurus proses perceraiannya di Pengadilan Agama Surabaya 2) Bercerai pada usia dewasa awal (18-40 tahun). Dari kriteria-kriteria yang telah dirumuskan tersebut diperoleh tiga orang subjek yang representatif. Metode penggalian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara secara mendalam dengan ditambahkan catatan lapangan untuk menggambarkan situasi wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik yang dilakukan dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah diverbatim, koding yang dilakukan tersebut terdiri dari tiga langkah yaitu open coding, axial coding, dan selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran pemenuhan aspek-aspek kepuasan perkawinan pada istri yang menggugat cerai masing-masing bersifat unik, sesuai dengan aspek-aspek yang terpenuhi, subjek satu dan dua tidak memiliki kepuasan dalam aspek materil, seksual, dan psikologis sehingga mereka tidak memiliki kepuasan perkawinan, sedangkan subjek ketiga memiliki kepuasan dalam semua aspek yakni materil, seksual, dan psikologis sehingga dirinya memiliki kepuasan perkawinan. Ketiga aspek tersebut saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain, sehingga ketika salah satu aspek tidak terpenuhi maka akan menimbulkan ketidakpuasan yang ditandai dengan adanya perceraian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan aspek-aspek kepuasan perkawinan, istri menggugat cerai
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7157-7179 Marriage. Husband and wife
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nurul AfniNIM110710250
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerdina Indrijati, -NIDN0021037205
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 05 May 2021 21:48
Last Modified: 05 May 2021 21:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106821
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item