Wira Adi Cahyo Wibowo (2020) Hubungan Self-Control Dengan Online Gaming Addiction Pada Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (120kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI .pdf Download (82kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf Download (53kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (90kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (153kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN .pdf Download (51kB) |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (114kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN .pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (154kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 6 May 2024. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
Psi.29-21-surat pernyataan kesediaan publikasi wira - wira adi.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang ada atau tidaknya hubungan antara self-control dengan online gaming addiction pada mahasiswa di Surabaya. Self-control atau kontrol diri merupakan kemampuan individu untuk menolak atau mengubah suatu respon, serta untuk menyela perilaku yang tidak diinginkan dengan menahan diri dari melakukan hal tersebut (Tangney, Baumeister, & Boone, 2004). Online gaming addiction atau kecanduan bermain game online adalah suatu perilaku kompulsif atau perilaku yang dilakukan secara terus menerus dalam memainkan game online atau game yang dimainkan banyak orang dalam satu waktu melalui koneksi internet demi mendapat kepuasan tersendiri (Budhi & Endang, 2016). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif korelasional dengan melakukan survei dan melibatkan 116 mahasiswa di Surabaya, dengan rentang usia 18 – 21 tahun. Alat pengumpul data berupa kuesioner self-control scale (SCS) yang terdiri dari 10 butir dan disusun oleh Tangney dkk. (2004) dan alat ukur gaming addiction scale (GAS) yang terdiri dari 21 butir dan disusun oleh Lemmens dkk. (2009). Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi Pearson r, dengan bantuan program JAMOVI VERSION 1.6. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai korelasi antara self-control dengan online gaming addiction sebesar -0.388 dengan p sebesar <.001. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan dengan tingkat korelasi yang sedang dan negatif antara self-control dengan online gaming addiction.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Psi.29-21 Wib h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Self-Control, Online Gaming Addiction, Mahasiswa Di Surabaya | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 06 May 2021 13:50 | ||||||
Last Modified: | 06 May 2021 13:50 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106902 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |