Martha Lowrani Siagian (2020) Metode Permainan yang Efektif Mempertahankan Kognitif Lansia dengan Demensia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (996kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (648kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (810kB) |
|
Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (725kB) |
|
Text
5. BAB 2 METODE.pdf Restricted to Registered users only until 11 June 2024. Download (762kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 HASIL DAN ANALISIS.pdf Restricted to Registered users only until 11 June 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 11 June 2024. Download (816kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 11 June 2024. Download (714kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (793kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 11 June 2024. Download (973kB) | Request a copy |
|
Text
Permohonan embargo.pdf Restricted to Registered users only Download (77kB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Populasi lansia dunia semakin meningkat dan resiko terjadinya penurunan kognitif terjadi seiring dengan pertambahan usia dan hal ini menjadi perhatian penting saat ini. Aktivitas yang efektif mencegah penurunan kognitif, lansia merupakan tantangan dunia kesehatan. Metode: Systematic Review dengan mengakses lima database akademik online Scopus, PubMed, EBSCO, Science direct dan Proquest. Pencarian dilakukan mulai pada 26 April 2020 sampai 26 Mei 2020. PRISMA checklist sebagai reporting selection study guideline dan JBI Guideline digunakan menilai kualitas jurnal dalam membuat review ini. Judul, abstrak, full-text dan metodologi dinilai untuk elligibilitas studi, kemudian ditabulasi dan dianalisis secara naratif terhadap temuan yang dihasilkan. Hasil dan Analisis: Sebanyak 25 studi dianalisis. Terdapat beragam jenis permainan untuk mempertahankan kognitif lansia dengan demensia. Dari dua kelompok besar, yaitu 10 studi tentang Board game dan 15 studi tentang Computer game. Study design yang digunakan 9 studi randomized controlled trials (RCTs), 13 studi Quasi-Experimental, dan 3 studi menggunakan observational study yang terbit antara tahun 2010 sampai 2020. Besar sampel bervariasi mulai dari yang terkecil yaitu 20 responden sampai yang terbesar sejumlah 5613 responden. Analisis: pendekatan narasi deskriptif Diskusi dan Kesimpulan: Pemilihan jenis permainan yang tepat, mudah, dan digemari oleh lansia sangatlah penting untuk menarik minat lansia mengikuti kegiatan permainan tersebut. Durasi dan konsistensi lansia dalam mengikuti intervensi juga berpengaruh dalam upaya meningkatkan atau mempertahankan kognitif lansia. Adanya faktor lain, seperti dukungan, fasilitas, lokasi, gender, dan usia juga mempengaruhi minat lansia serta keefektifitasan dari intervensi yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Thesis) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKP.51-21 Sia m | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Effective Game, Board Game, Nursing Intervention, Cognitive, Elderly | |||||||||
Subjects: | R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing | |||||||||
Divisions: | 13. Fakultas Keperawatan > Magister Keperawatan | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | S.Sos. Sukma Kartikasari | |||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2021 04:38 | |||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2021 04:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107739 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |