Bagus Maulana (2020) Analisis Model Lotka-Volterra Terhadap Dinamika Persaingan Antara Maskapai Penerbangan Low-Cost Carriers (LCC) Dan Maskapai Penerbangan Full-Service Carriers (FSC) Di Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (749kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (342kB) |
|
Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (218kB) |
|
Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (434kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (392kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (484kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2023. Download (992kB) | Request a copy |
|
Text
11. PERNYATAAN EMBARGO.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) | Request a copy |
Abstract
Sejak deregulasi industri penerbangan pada tahun 2000, banyak maskapai penerbangan swasta yang berdiri, tetapi juga ada yang bangkrut karena kompetisi. Berdasarkan data pada Buku Statistik Perhubungan yang dipublikasikan oleh Kementrian Perhubungan, low-cost carriers (LCC) mendominasi pasar penerbangan atas full-service carriers (FSC). Kendati demikian, pertumbuhan total penumpang penerbangan lokal tahunan maskapai FSC pada tahun 2007 hingga 2017 adalah 13.65%, sedangkan untuk maskapai LCC hanya 7.96%. Dengan demikian, pendekatan model matematika diperlukan untuk mengetahui kondisi persaingan maskapai FSC dan maskapai LCC di masa yang akan datang, seperti terjadinya persaingan diantara kedua maskapai, LCC membentuk pasarnya sendiri, dan banyak kemungkinan lainnya. Pada skripsi ini digunakan dua pendekatan model matematika untuk menganalisis persaingan antara maskapai FSC dan maskapai LCC di Indonesia, yaitu model persaingan Lotka-Volterra dan model Lotka-Volterra yang dimodifikasi dengan penambahan variabel produk domestik bruto (PDB) per kapita Indonesia. Nilai parameter pada kedua model diestimasi berdasarkan data jumlah penumpang masing-masing maskapai menggunakan algoritma genetika. Selanjutnya, dilakukan analisis kestabilan dari setiap titik setimbang pada kedua model. Dari nilai error pada hasil estimasi parameter menunjukkan bahwa model Lotka-Volterra yang dimodifikasi memiliki akurasi yang lebih tinggi untuk menghampiri data riil dan mendeskripsikan persaingan kedua jenis maskapai. Berdasarkan hasil simulasi numerik terlihat bahwa kedua maskapai akan selalu eksis dan persaingan selalu terjadi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK MPM.36-20 Bag a | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Estimasi Parameter, Full-service Carriers, Low-cost Carriers, Lotka-Volterra, Kestabilan | |||||||||
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Novita | |||||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2022 05:11 | |||||||||
Last Modified: | 23 Mar 2022 05:11 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114343 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |