Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konflik Pada Dosen Di Universitas Airlangga

Praptini Yulianti, - and Nuri Herachwati, - and Sedianingsih, - (2000) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konflik Pada Dosen Di Universitas Airlangga. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
KKB 658.3 YUL A - 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pandangan tentang konflik yang lebih realistis adalah bahwa konflik tidak dapat dihindari. Semua ketidaksetujuan mengandung konflik, akan tetapi hal itu tidak perlu menimbulkan pertengkaran yang hebat. Para pimpinan organisasi percaya, bahwa konflik tidak dapat dielakkan dan ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk truktur organisasi itu sendiri, sistem peniJaian kinerja dan bahkan oleh sesuatu yang kelihatannya tidak penting seperti desain fisik kantor dan perlengkapannya. Para memimpin oraganisasi ini selanjutnya merasa bahwa jika kedua belah pihak yang berkonflik dalam kondisi dewasa dan percaya diri, apapun masalah yang timbul seharusnya dapat dipecahkan. Kenyataannya, kinerja organisasi yang optimal memerlukan tingkat konflik yang optimal. Tanpa konflik akan ada rasa tidak memerlukanperubahan. Tetapi, harus disadari bahwa terlalu banyak konflik sangat tidak diinginkan. Konflik dapat menambah atau mengurangi kinerja organisasi. Stephen P. Robin membedakan konflik menjadi konflik fungsional dan konflik disfungsional . Dalam pandangan organisasi , konflik fungsional adalah konfrontasi diantara kelompok yang menguntungkan organisasi. Konflik disfungsional adalah konfrontasi antar kelompok orang mengganggu kinerja organisasi. Tugas manajemen adalah mengelola tingkat konflik untuk mencapai kinerja yang optimal karena konflik tidak dapat dielakkan dan arus dikelola. Pandangan bahwa konflik harus dihilangkan adalah tidak realistis dalam organisasi modern. Berdasarkan uraian-uraian yang diutarakan di atas, maka penelitian ini ingin kinerja dosen di Universitas Airlangga.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 658.3 Yul a – 2
Uncontrolled Keywords: Konflik, pimpinan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Praptini Yulianti, -NIDN0019075806
Nuri Herachwati, -NIDN'0030066603
Sedianingsih, -NIDN0017025905
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:04
Last Modified: 06 Apr 2022 04:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/114669
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item