Uji Permeabilitas Vaskuler Ekstrak Daun Jambu Biji Sebagai Parameter Terapi Kebocoran Plasma Pada Infeksi Demam Berdarah Dengue

Idha Kusumawati, - and Suprapto Maat, - and Rakhmawati, - (2004) Uji Permeabilitas Vaskuler Ekstrak Daun Jambu Biji Sebagai Parameter Terapi Kebocoran Plasma Pada Infeksi Demam Berdarah Dengue. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (LAPORAN PENELITIAN)
KKB LP 09.06 KUS U.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Jambu biji merupakan salah satu tanaman yang lazim digunakan masyarakat Indonesia sebagai obat. Dari studi klinis telah dibuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat digunakan untuk pengobatan demam berdarah. BPOM juga mengembangkan ekstrak daun jambu biji untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang kasusnya cenderung meningkat setiap tahun dan sering menimbulkan wabah. Pada penderita demam berdarah terdapat dua perubahan patofisiologis utama yang terjadi yaitu peningkatan penneabilitas vaskular dan gangguan hemostasis: Peninglcatan penneabilitas vaskular ini menyebabkan terjadinya kebocoran plasma dan dapat menimbulkan syoklkematian. Hal inilah yang dikhawatirkan teljadi sehingga yang paling penting dilakukan adalah bagaimana mengembalikan permeabilitas vaskular ke keadaan nonnal. Dari pengembangan jambu biji yang telah mencapai tahap studi klinis dengan hasil yang menunjukkan bahwa ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah trombosit pasien DBD secara efektif, dan didukung dengan penelitian sebelumnya yang membuktikan bahwa kuersetin mampu menurunkan permeabilitas vaskular (Skaper, 1997; Zhang, 2003) maka diharapkan daun jambu biji yang juga mcngandung kuersetin, dapat menurunkan penneabilitas vaskular, sehingga bisa digunakan untuk pengobatan DBD. Hal ini akan menjadi terobosan yang sangat bennakna karena DBD masih belum ada obatnya.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 09/06 Kus u
Uncontrolled Keywords: jambu biji ; kebocoran plasma ; demam berdarah
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmakognosi Fitokimia
Creators:
CreatorsNIM
Idha Kusumawati, -UNSPECIFIED
Suprapto Maat, -UNSPECIFIED
Rakhmawati, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 15 Apr 2022 05:57
Last Modified: 15 Apr 2022 05:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/115363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item