Asosiasi Makna Pornografi Dalam Industri Periklanan : Studi Pragmatik

Sri Wiryanti Budi Utami, - and La Ode Rabani, - (2009) Asosiasi Makna Pornografi Dalam Industri Periklanan : Studi Pragmatik. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
KKB LP 207 - 10 Uta a.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Asosiasi makna pomografi merupakan salah satu andalan iklan dalam menarik perhatian khalayak. Fenomena ini menunjukkan bahwa hal yang berkaitan dengan pomografi tidak lagi dipandang tabu. Pomografi yang pada awalnya privat mulai terbuka dan dianggap layak menjadi komoditi teks informasi yang pantas disampaikan kepada masyarakat. Yang menjadi pertanyaan, teks seperti apa yang dapat memunculkan asosiasi makna pomografi. Pragmatik dipandang tepat dalam mengkaji pemaknaan terhadap suatu teks. Melalui perspektif pragmatik, dapat dipahami implikatur sebagai implikasi dari pemaknaan terhadap asosiasi makna pomografi dari suatu teks. Berdasarkan implikatur implikatur yang ada, maka pemahaman atau persepsi terhadap sesuatu yang dianggap pomografi dari khalayak sedikit banyak dapat diketahui. Hal ini menjadi penting untuk mengetahui keragaman pemahaman terhadap makna pomografi. Malena pomografi harus dipahami dari penggunaan bahasa berdasarkan konteks, karena pemaknaan terhadap sesuatu hal alcan melibatkan teks dan konteksnya. Berdasarkan kerangka pemikiran tersebut, maka penelitian ini memandang perlu mengkaji lebih da!am mengenai aspek kebahasaan yang dimanfaatkan dalam mcnghasilkan teks bcrasosiasi makna pomografi dalam wacana periklanan, wacana perlklanan mengkreasi teks berasosiasi makna pomografi, fungsi komunikatif yang diinginkan para kreator iklan 'copy writing' memasukkan teks berasosiasi makna pomogrfi dalam wacana periklanan, implikatur yang muncul dari teks bcrasosiasi makna pomografi dalam wacana periklanan. Penelitian pada tahun I ini lebih memfokuskan pada identiflkasi teks yang dapat memunculkan makna pomografi. Oleh karena itu, sumber data penelitian ini mengandalkan korpus data yang diambil dari iklan media cetak dari tabloid dan majalah. Berdesarkan pada kerangaka pemikiran yang dipakai, penelitian ini menerapkan metode holistik yang mengupayakan data dari kuesioner, wawancara mendalam dan FGD (Focus Group Discussion).

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Uncontrolled Keywords: Pornografi; Industri Periklanan; Studi Pragmatik
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Sri Wiryanti Budi Utami, -NIDN0020055802
La Ode Rabani, -NIDN0027097306
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 11 May 2022 04:19
Last Modified: 11 May 2022 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116235
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item