Budaya Membaca Versus Menonton Televisi Pada Anak Anak-Anak Usia Sekolah Dasar

Ike Herdiana, - and Nur Ainy Fardhana N, - (2007) Budaya Membaca Versus Menonton Televisi Pada Anak Anak-Anak Usia Sekolah Dasar. Laporan Penelitian. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA. (Unpublished)

[img] Text
KKB LP 19-09 HER B-1.pdf

Download (6MB)
Official URL: https://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Televisi saat ini menjadi 'kambing hitam' atas hilangnya budaya membaca pada anak-anak. Televisi berhasil menjadi media yang lebih menarik bagi anak-anak untuk dinikmati dalam waktu yang lebih banyak dibandingkan kegiatan lain yang lebih produktif. Di satu sisi membangun budaya membaca pada anak-anak juga penting karena dengan membaca anak-anak diharapkan akan memiliki cara berpikir yang lebih sistematik dan kreatif. Eksplorasi pengetahuan lebih fokus dilakukan melalui membaca, karena Walaupun televisi bisa saja menjadi sumber edukasi bagi anak-anak, namun tayangannya yang beragam membuat anak-anak kemungkinan besar menjadi sulit menangkap esensi atau value yang ditawarkan sebuah tayangan acara. Persoalan ini akan dikupas melalui metode wawancara dengan subyek dan orang tuanya. Kemudian data tersebut dianalisis melalui content analysis, sehingga didapatkan deskripsi tentang bagaimana pola perilaku menonton televisi dan membaca anak-anak usia sekolah dasar ; gambaran budaya membaca dan menonton televisi pada anak-anak usia sekolah dasar ; bagaimana peran orang tua dalam mengembangkan budaya membaca pada anak-anak ; dan bagaimana mengembangkan metode atau pendekatan untuk menumbuhkan minat baca pada anak Hasil dari penelitian ini adalah : anak-anak dapat melihat dampak positif dari membaca dan melihat televisi hanya sekedar fungsi hiburan dan pengisi waktu luang; peran orang tua dalam menumbuhkan minat baca pada anak belum optimal, sehingga budaya baca sendiri belum dilihat sebagai sesuatu yang mendarah daging pada anak; penanaman nilai-nilai membaca buku belum konsisten dilakukan oleh orang tua, sehingga tidak mengherankan jika budaya membaca pada anak-anak belum tumbuh secara optimal ; faktor keluarga inti menjadi pendukung anak untuk memunculkan budaya membaca atau tidak, anak-anak biasanya akan mengawali minat membaca pada buku-buku cerita, dan support dari orang tua atau saudara lainnya menjadi faktor pendukung mereka untuk melahirkan rasa ingin tahu yang lebih besar dan mengeksplorasi jenis buku lain selain buku cerita.

Item Type: Monograph (Laporan Penelitian)
Additional Information: KKB LP 19/09 Her B
Uncontrolled Keywords: Budaya membaca, Budaya menonton televisi, Anak usia sekolah dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > Psikologi Sosial
Creators:
CreatorsNIM
Ike Herdiana, -UNSPECIFIED
Nur Ainy Fardhana N, -UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 15 May 2022 09:01
Last Modified: 15 May 2022 09:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/116311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item