Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava I) Terhadap Kadar Malondialdehid Plasma Dan Aktivitas Superoksid Dismutase Eritrosit Rattus Norvegicus Akibat Latihan Olahraga

Yayuk Susilawati, - (2007) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jambu Biji (Psidium guajava I) Terhadap Kadar Malondialdehid Plasma Dan Aktivitas Superoksid Dismutase Eritrosit Rattus Norvegicus Akibat Latihan Olahraga. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
KK KKA THD 33-11 Sus p.pdf

Download (31MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Malondialdehid (Malondialdehyde!MDA) digunakan sebagai indikator adanya kerusakan akibat oksidan atau radikal bebas. Teori yang dapat dipakai untuk menjelaskan terjadinya kerusakan sel dan jaringan, adalah teori oksidan terutama radikal bebas. Beberapa peneliti melaporkan bahwa aktivitas olah raga anaerobik yang berat dapat menstimulasi terbentuknya radikal bebas atau senyawa oksigen reaktif (reactive oxygen species: ROS), hila jumlah ROS berlebihan dalam tubuh maka akan terjadi ketidakseimbangan jumlah oksidan dan antioksidan yang disebut stress oksidatif. Untuk meredam terjadinya stres oksidatif diperlukan senyawa antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang dapat meredam dampak negatif oksidan. Ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava I.) diduga berkhasiat sebagai antioksidan eksogen yang potensial dan belum banyak terungkapkan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KK KKA THD 33-11 Sus p
Uncontrolled Keywords: Malondialdehid, Antioksidan
Subjects: R Medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Kedokteran
Creators:
CreatorsNIM
Yayuk Susilawati, -NIM.090515544 M
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSoetjipto, -NIDN8821900016
ContributorSuhartati, --
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 29 Mar 2023 01:13
Last Modified: 29 Mar 2023 01:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/121121
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item