Analisis Faktor Yang Memengaruhi Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (NPB) pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

Rifa Rindayani Syafitri (2024) Analisis Faktor Yang Memengaruhi Terjadinya Nyeri Punggung Bawah (NPB) pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
RIFA RINDANI SYAFITRI_131611123089_ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text (FULLTEXT)
RIFA RINDANI SYAFITRI_131611123089_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id/

Abstract

Pendahuluan: Kejadian nyeri punggung bawah (NPB) sejak usia remaja meningkatkan risiko NPB kronis yang berpotensi mengurangi efisiensi dan -produktivitas. Perawat merupakan pekerjaan yang berisiko -tinggi mengalami NPB. Mengetahui faktor yang memengaruhi terjadinya NPB sejak usia remaja terutama pada mahasiswa keperawatan diperlukan untuk mencegah terjadinya NPB ketika bek-erja sebagai perawat nantinya. Metode: Penelitian ini menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya NPB pada mahasiswa keperawatan di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Desain penelitian ini adalah penelitian cross-sectional dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa S 1 keperawatan dengan total sampel sebanyak 120 responden. Variabel independen adalah faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya NPB dengan faktor biologis (usia, IMT, riwayat trauma tulang belakang, dan riwayat penyakit keluarga yang berhubungan dengan NPB), faktor psikologis (tingkat stres), faktor sosial (kebiasaan duduk, kebiasaan olahraga, -merokok, konsumsi kopi, penggunaantas, penggunaan -kasur, penggunaan kendaraan bermotor). Variabel dependen adalah kejadian NPB selama 12 bulan terakhir. Analisis data menggunakan uji statistik regresi logistik. Basil: Sebanyak 60% mahasiswa mengalami NPB -dalam -12 bulan -terakhir dengan faktor yang signifikan memengaruhi NPB pada faktor biologis yaitu riwayat trauma tulang belakang (p=0,023), pada faktor psikologis yaitu tingkat stres (p=0,000), pada faktor sosial yaitu kebiasaan olahraga (P=0,044), dan penggunaan kendaraan bermotor (P=0,033). Diskusi: Faktor biologis, psikologis, dan so sial mempengaruhi terjadinya NPB pada mahasiswa keperawatan. Menghindari faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya NPB pada mahasiswa keperawatan dapat mengurangi prevalensi dan dampak terjadinya NPB pada profesi perawat. Penelitian selanjutnya diperlukan lebih banyak responden, alat ukur yang lebih valid, serta uji statistik secara multivariat untuk hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nyeri punggung bawah, mahasiswa keperawatan, faktor biologis, faktor psikologis, faktor social
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Rifa Rindayani Syafitri131611123089
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMakhfudli, Dr. S.Kep.Ns. M.Ked. TropUNSPECIFIED
Thesis advisorIra Suarilah, S.Kp., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 07 Feb 2024 07:44
Last Modified: 07 Feb 2024 07:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item