Survei Perilaku Personal Hygiene Dan Sanitasi Masker Pada Ibu Hamil Selama Pandemi Covid-19

Rochana Tsaralatifah, - (2020) Survei Perilaku Personal Hygiene Dan Sanitasi Masker Pada Ibu Hamil Selama Pandemi Covid-19. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
Laporan magang GELIAT UNAIR_Rochana Tsaralatifah_101811123022.pdf
Restricted to Registered users only until 4 March 2027.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
7. BAB VKESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (14kB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

GELIAT UNAIR (Gerakan Peduli Ibu dan Anak Sehat Berbasis Keluarga oleh Universitas Airlangga) merupakan sebuah program pengabdian masyarakat yang terlaksana atas kerjasama Universitas Airlangga dengan UNICEF, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, SATGAS PENAKIB (Satuan Tugas Penurunan Kematian Ibu dan Bayi) Jawa Timur, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, SATGAS PENAKIB Kota Surabaya dan Pemerintah Kota Surabaya untuk melakukan upaya percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi diKota Surabaya. Ruang lingkup kegiatan program GELIAT UNAIR meliputi 4 area, yakni pengabdian kepada masyarakat, capacity building, pemberdayaan masyarakat, dan penguatan sistem rujukan. b. WHO sampai saat ini masih melakukan penelitian lebih lanjut sehingga belum ada bukti bahwa ibu hamil lebih beresiko terkena penyakit parah dibandingkan populasi umum. Namun adanya perubahan suhu pada system imunitas ibu hamil mereka dapat mengalami dampak yang cukup parah karena beberapa penyakit infeksi saluran pernafasan. Sehingga penting bagi ibu hamil untuk melalukan langkah pencegahan demi melindungi diri mereka dari COVID-19, dan melaporkan gejala yang mungkin timbul ke pelayanan kesehatan. Langkah pencegahan yang harus dilakukan ibu hamil untuk terhindar dari infeksi COVID-19 yaitu melakukan 3 M ( Menjaga jarak, Mencuci tangan pakai sabun dan Memakai masker) selama pandemi berlangsung. c. Perilaku dalam menerapkan jaga jarak, sebagian responden mengatakan masih sulit menjaga jarak karena lingkungan disekitar responden masih belum sadar dan peduli dengan adanya virus ini. d. Perilaku responden saat mencuci tangan menunjukkan perilaku kearah yang lebih baik. e. Perilaku responden dalam pemakaian masker sudah menunjukkan kearah yang lebih baik. Namun masih banyak responden yang belum secara sadar mengganti masker setelah pemakaian 4 jam. f. Perilaku sanitasi masker/ memperlakukan masker menunjukkan bahwa sebagian besar responden telah mengelola masker kainnya dengan benar. Namun untuk pengelolaan masker sekali pakai, sebagian besar responden masih belum mengelolanya dengan benar. Sebagian besar responden masih belum membuang sampah masker ketempat sampah khusus / belum memisahkannya dengan sampah rumah tangga.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: perilaku, sanitasi, covid-19
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Rochana Tsaralatifah, -NIM101811123022
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRirih Yudhastuti, -NIDN0024125905
ContributorRatna Dwi Wulandari, -NIDN0018107504
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:03
Last Modified: 04 Mar 2024 02:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item