ANTOK NURWIDI ANTARA, -
(2014)
PENGARUH PENDIDlKAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN
RPM TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN DIARE
PADA MURID KELAS 5 SDN SIDOTOPO WETAN I
SURABAYA.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Introduksi: Penyakit diare menyebabkan dehidrasi pada anak sekolah. Perawat di komunitas berperan dalam pendidikan kesehatan ten tang pencegahan diare kepada murid sekolah. Tujuan penelitian: menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan Health Promotion Model (HPM) terhadap perilaku pencegaban diare pada murid kelas 5 SDN Sidotopo Wetan I Surabaya Metode: Jenis penelitian ini: pra-eksperime~ one group pre-post test design, besar sampel yang dianalisis 25 murid kelas 5 SD. Teknik pengambilan sampel : quota sampling. Intervensi : pendidikan kesehatan pendekatan HPM pada murid kelas 5 SD. Variabel dependen : perilaku (pengetahuan, sikap dan tindakan) pencegahan diare. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dengan guru wall kelas 5 SD. Analisis dengan Uji Wilcoxon. HasD: Hasilnya skor rata-rata tiap variabel HPM dalam kategori tinggi, ada peningkatan skor: pengetahuan, sikap, tindakan dan perilaku setelah intervensi pendidikan kesehatan dengan pendekatan HPM pada murid kelas 5 SD. Uji Wilcoxon mengbasilkan perbedaan bermakna secara statistik pada tindakan (p=O,OOl) maupun perilaku (p=O,OO2) antara sebelum dan setelah pendidikan kesehatan dengan pendekatan HPM. Simpolan dan Saran: Skor rata-rata tiap vanabel HPM dalam kategori tinggi, ada perbedaan yang bermakna pada tindakan maupun perilaku antara sebelum dan setelah pendidikan kesehatan pendekatan HPM. Saran untuk responden supaya mempraktikkan cara pencegahan diare.
Actions (login required)
|
View Item |