Rizka Aifia Fardani (2015) Perlindungan Hukum Atas Kerugian Konsumen Pengguna Bagasi Pesawat Udara. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (588kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (621kB) |
|
Text (BAB I)
4 . BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (730kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II TANGGUNG GUGAT.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (844kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III PENYELESAIAN SENGKETA.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (630kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (651kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 18 May 2023. Download (526kB) | Request a copy |
Abstract
Kerugian konsumen akibat hilang, musnah, dan/atau rusaknya barang di bagasi pesawat udara adalah tanggung gugat maskapai penerbangan, sebagai akibat dari telah terjadinya perjanjian pengangkutan antara maskapai penerbangan dengan penumpang selaku konsumen. Tanggung gugat maskapai penerbangan atas hilang, musnah, dan/atau rusaknya barang penumpang di bagasi pesawat udara tersebut adalah tanggung gugat mutlak. Maskapai penerbangan wajib untuk membayar ganti rugi kepada penumpang yang mengalami kerugian berupa hilang, musnah, dan/rusaknya barang di bagasi pesawat udara. Selain itu, tanggung gugat maskapai penerbangan bersifat tebatas karena dibatasi oleh suatu peraturan perundang-undangan. Perlindungan hukum yang dapat ditempuh oleh konsumen dapat melalui lembaga di luar pengadilan maupun melalui pengadilan. Dasar gugatan yang dapat diajukan oleh konsumen ada 2 (dua) macam, yang pertama gugatan berdasarkan wanprestasi dan dapat dengan gugatan atas dasar perbuatan melawan hukum. Dalam prakteknya, penyelesaian sengketa konsumen antara maskapai penerbangan dengan konsumen yang di rugikan atas hilang, musnah, dan rusaknya barang di bagasi pesawat udara adalah dengan upaya perdamaian dan besarnya ganti rugi yang diberikan melalui kesepakatan kedua belah pihak, yang besarnya tidak sebanding dengan kerugian yang nyata-nyata diderita oleh
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FH. 30-15 Far p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER PROTECTION LAW AND LEGISLATION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform K Law |
||||||
Divisions: | 03. Fakultas Hukum | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Agung BK | ||||||
Date Deposited: | 18 Feb 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 18 May 2020 03:38 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13735 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |