Ida Ariyanti (2015) Yayasan Pendidikan Anak-Anak Buta (YPAB) Surabaya Tahun 1957-1982. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (147kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (44kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (61kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (109kB) |
|
Text (BAB II PERKEMBANGAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNA NETRA DI INDONESIA)
5. BAB II PERKEMBANGAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNA NETRA DIINDONESIA.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (118kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III YAYASAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK BUTA (YPAB))
6. BAB III YAYASAN PENDIDIKAN ANAK-ANAK BUTA (YPAB).pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV KESIMPULAN)
7. BAB IV KESIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only until 19 February 2023. Download (50kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Download (668kB) |
Abstract
Penulis memfokuskan topik kajian dengan judul “Yayasan Pendidikan Anakanak Buta (YPAB) Surabaya Tahun 1957-1982”. Permasalahan pokok yang diangkat dalam studi ini adalah bagaimana perkembangan pendidikan serta peranan Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB) Surabaya antara tahun 1957-1982. YPAB Surabaya merupakan sekolah tunanetra pertama yang didirikan di Surabaya. Penulisan skripsi ini menggunakan metode sejarah, yang meliputi pengumpulan sumber, kritik sumber, penafsiran dan penulisan. Sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan ini adalah koleksi arsip, dokumen dan foto Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB), buku, artikel dari sebuah penelitian yang terdahulu, serta wawacara dengan beberapa saksi sejarah. Yayasan sebagai penyelenggara layanan pendidikan bagi anak buta yang didirikan oleh YPAB Surabaya dikembangkan secara bertahap, meliputi pendidikan formal (TK, SD, dan SMP) dan pendidikan pelatihan (Proyek Pendidikan Pertanian). Peranan Yayasan Pendidikan Anak-anak Buta (YPAB) Surabaya dalam rentang tahun 1957-1982, diantaranya: Pertama, sebagai suatu lembaga pendidikan; Kedua, sebagai lembaga strategis dalam mengembangkan kemandirian anak-anak buta. Ketiga, YPAB juga berperan dalam menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang siap berdikari di tengah kehidupan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan dirintisnya Proyek Pendidikan Pertanian pada tahun 1978, dan diresmikan pada 9 Maret 1982.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS. Sej. 18/15 Ari y | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Foundations; blind | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1551-3024 People with disabilities T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE210-228.3 Construction details.Including foundations, maintenance, equipment |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Feb 2020 07:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14393 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |