ARIYANTO DEDI SETIAWAN, 121011092 (2014) PENGGUNAAN SAPAAN PARA PEKERJA SALES PROMOTION GIRL DAN SALES PROMOTION BOY BIDANG BISNIS DI SURABAYA: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-setiawanar-34743-6.abstr-k.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-setiawanar-34743-1.FULLTEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunan Sapaan Para Pekerja Sales Promotion Girl dan Sales Promotion Boy” bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk, makna, dan hasil variasi bahasa yang dipergunakan oleh Sales Promotion pada saat bekerja di mall yang berada di Surabaya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriktif kualitatif. Metode deskriktif kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan bentuk deskripsi dari seorang SPG dan SPB yang berdasarkan fakta dan informasi dari seorang informan. Pemilihan informan dalam penelitian ini, berdasarkan beberapa kriteria antara lain : (1) seorang sales promotion, baik girl dan boy (2) sales promotion yang bekerja dalam lingkup mall di Surabaya (3) merupakan sales event (4) menggunakan ragam variasi bahasa sapaan sebagai bentuk kebutuhan untuk berinteraksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu Teknik cakap langsung dan pencatatan lapangan, penelitian dengan teknik cakap langsung dilakukan dengan cara berbicara atau wawancara melalui pimpinan sales atau TL (Team leader) untuk mengetahui alasan-alasan menggunakan ragam sapaan dari sales dan didukung dengan pencatatan lapangan, dan kuisioner untuk mendapatkan sampel contoh ragam variasi yang terjadi pada saat proses penelitian berlangsung. Data akan dianalisis menggunakan teknik analisis; meliputi (1) reduksi data (2) penyajian data (3) simpulan setelah itu akan di identifikasi, diklasifikasi, dikelompokkan dan terakhir disimpulkan. Hasil penelitian di temukan bahwa bentuk sapaan yang di pergunakan oleh SPG dan SPB sangat bermacam-macam, hal tersebut tidak lepas dari beberapa kategori kebutuhan yaitu ucapan yang di sesuaikan dengan keperluan konsumen, ucapan sebagai tanda hormat, ucapan sapaan untuk yang lebih muda dan lain-lain, Selain itu, penggunaan variasi sapaan yang sering diujarkan oleh SPG dan SPB juga tidak lepas dari faktor-faktor non kebahasaan seperti faktor lingkungan, faktor sosial, dan faktor tuntutan sesuai dengan keperluan yang dibutuhkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS.BI. 56/14 Set p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Sociolinguistics study | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 06 Jan 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 24 Aug 2016 07:46 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14517 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |