VERA ESTHERINA HUTAGALUNG, 071015033 (2014) HUBUNGAN TERPAAN IKLAN BILLBOARD ERHA CLINIC DENGAN MOTIVASI PRIA MENGGUNAKAN PELAYANAN ERHA CLINIC DI SURABAYA (Studi Eksplanatori Terhadap Masyarakat Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-hutagalung-33291-6.abstr-k.pdf Download (293kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
Fis. K. 64-14 Hut h.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ada tidaknya hubungan antara terpaan iklan billboard Erha Clinic dengan motivasi pria menggunakan pelayanan Erha Clinic di Surabaya. Dimana sekarang ini muncul fenomena skeptisme terhadap iklan, yang mana peneliti ingin melihat adakah hubungannya hal tersebut dengan motivasi pria menggunakan pelayanan Erha. Variabel X adalah terpaan iklan yang mana indikatornya terdiri atas frekuensi, durasi, atensi. Sedangkan variabel Y adalah motivasi pria, yang mana indikatornya yaitu motif produk, motif patronage, motif emosional, dan motif rasional. Berdasarkan teori S – O – R yang digunakan untuk menganalisis , respon muncul ketika ada stimulus yang ditangkap oleh khalayak kemudian disalurkan ke syaraf otak untuk diolah. Komunikasi berlangsung jika ada perhatian yang selanjutnya menjadi pengertian, dan penerimaan. Respon yang dilihat disini adalah motivasi. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori, digunakan untuk mencari hubungan variabel X dan variabel Y. Dengan metode survey, peneliti akan menggunakan kuisioner untuk menjadi alat ukurnya. Populasi pada penelitian ini adalah pria yang sudah melihat iklan billboard Erha dan tertarik menggunakan, setelah melihat iklan billboard tersebut. Teknik pengambilan sampel disini menggunakan Purposive Random Sampling dengan jumlah 100 pria yang menjadi sampel. Uji statistik untuk mengetahui korelasi antara variabel terpaan iklan dan variabel motivasi pria menggunakan Rank Spaerman, diperoleh hasil bahwa adanya hubungan diantara kedua variabel dengan arah hubungan yang positif, namun keeratan hubungan lemah. Variabel yang memiliki pengaruh paling kuat adalah atensi dengan KK sebesar 0,302. Dan motivasi yang paling dominan adalah motif produk dengan mean sebesar 2,68.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis. K. 64/14 Hut h | ||||||
Uncontrolled Keywords: | ADVERTISING; MOTIVATION | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2014 12:00 | ||||||
Last Modified: | 02 Sep 2016 06:11 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15750 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |