REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN AXE

RIZKI FITRIANA, 071015059 (2014) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM IKLAN AXE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-fitrianari-33299-6.abstr-k.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15758.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi perempuan yang ditampilkan di dalam iklan televisi AXE versi “Bidadari Jatuh”, “Polisi Wanita vs Perampok” dan “Pemadam Kebakaran dan Astronot”. Representasi perempuan menjadi signifikan karena sering kali iklan memberikan penggambaran yang bias tentang sosok perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian komunikasi karena representasi perempuan yang dihadirkan oleh iklan dikonstruksi melalui teks-teks berupa tanda yang dapat dimaknai dan dieksplorasi. Adapun yang menjadi rumusan masalah dari penelitian ini adalah seperti apa saja representasi perempuan yang muncul di dalam iklan berdasarkan aspek fisik, yang meliputi atribut yang dilekatkan pada sosok perempuan, dan kerja kamera yang menyorotnya, serta berdasarkan relasi yang terjalin di antara sosok perempuan dan laki-laki di dalam iklan, selain itu ideologi apa yang tampak dari representasi tersebut. Sementara itu tinjauan pustaka yang digunakan oleh peneliti adalah media, gender dan konstruksi realitas, sensualitas: komodifikasi tubuh perempuan dan body images, representasi, representasi perempuan dalam iklan, serta semiotik. Sedangkan metode yang digunakan oleh peneliti adalah analisis semiotik milik John Fiske (1978) yang mengkaji tentang produk audio visual melalui level realitas, representasi dan ideologi. Berdasarkan analisis, didapatkan temuan bahwa representasi perempuan yang muncul di dalam iklan AXE berdasarkan aspek visualnya, perempuan lekat dengan sensualitas, yang ditunjukkan dengan pakaian minim, ekspresi wajah, serta teknik kamera yang menyasar bagian tubuh perempuan. Sementara itu representasi perempuan berdasarkan relasi yang terjalin di antara sosok perempuan dan sosok laki-laki di dalam iklan adalah, perempuan sebagai sosok yang agresif, powerless dan mudah tergoda, sedangkan ideologi yang tampak adalah ideologi patriarki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis. K. 73/14 Fit r
Uncontrolled Keywords: ADVERTISING; SEMIOTICS; AUDIO VISUAL
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI FITRIANA, 071015059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, ,S.Sos., M.Med-KomUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 23 Sep 2014 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 22:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15758
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item