Risma Nurmaryanti, 070610223 (2011) KEBIJAKAN PROGRAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) (Studi Deskriptif tentang Dukungan Komunikasi, Sumberdaya, dan Disposisi Pelaksana dalam Implementasi Program KTSP di SMA Negeri 1 Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nurmaryant-20184-fisan1-k.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nurmaryant-16934-fisan1-k.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menjawab permasalahan penelitian yaitu mengenai implementasi kebijakan program kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMA Negeri 1 Surabaya dan dukungan komunikasi, sumberdaya, dan disposisi pelaksana dalam implementasi program KTSP di sekolah tersebut. Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif dan penentuan informan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan indepth interview dan disertai data-data sekunder seperti catatan peneliti dan dokumen/ arsip. Teknik pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik pengolahan dan analisis data kualitatif yang dikelompokkan dalam tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan keimpulan Temuan dari penelitian ini adalah bahwa implementasi kebijakan program KTSP di SMA Negeri 1 Surabaya berhasil. Hal tersebut dilihat melalui prosesnya yang telah sesuai dengan peraturan perundangan yang mendasari kebijakan tersebut, serta dari ketercapaian tujuan yang telah digariskan. Keberhasilan implementasi KTSP di sekolah tersebut oleh adanya komunikasi, sumberdaya, dan disposisi pelaksana yang baik dan memadai, meski masih terdapat sedikit kekurangan, yakni dalam hal komunikasi siswa kurang intens mendapatkan pengetahuan terkait kurikulum yang mereka jalani (KTSP) serta dalam hal sumberdaya, belum 100% latar belakang pendidikan implementor (guru) sesuai dengan tugasnya. Selain itu terkait sumber dan media belajar, SMA Negeri 1 Surabaya kurang memanfaatkan lingkungan alam sebagai sumber belajarnya. Sedangkan mengenai media belajar terdapat perbedaan ketersediaan media belajar yang diberikan pada siswa program belajar IPA dan IPS dimana media belajar yang digunakan siswa program IPA lebih lengkap dibanding siswa program IPS. Adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam pengembangan studi ilmu administrasi negara terutama yang berkaitan dengan implementasi program, memberikan sumbangan yang komprehensif dan relevan yang dapat menjembatani kajian teoritik dengan fenomena empiris di lapangan, dapat memberikan masukan bagi para pelaksana program KTSP, khususnya untuk memperhatikan faktor-faktor yang mendukung implementasi program guna mencapai keberhasilan program tersebut, serta dapat memberikan masukan bagi para pembuat kebijakan dalam mengambil kebijakan-kebijakan di masa mendatang khususnya yang berkaitan dengan perbaikan sistem pendidikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK2 Fis AN 11/ 11 Nur k | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CURRICULUM | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2361-2365 Curriculum |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 13 Oct 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2016 06:00 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16157 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |