DEWI ALIFFIANA, 070710443 (2011) IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH MENENGAH ATAS BERTARAF INTERNASIONAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-aliffianad-20235-fisan3-k.pdf Download (268kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-aliffianad-16985-fisan3-i.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dalam penelitian ini dijelaskan tentang implementasi program Rintisan SMA Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surabaya serta mengetahui tentang faktor komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi, dan dukungan kelompok sasaran dalam implementasi program R-SMA-BI. Untuk menjawab permasalahan penelitian, penulis menggunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Data-data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara mendalam, data-data sekunder serta memanfaatkan hasil dokumenter. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling, dan selanjutnya berkembang dengan menggunakan teknik snowball. Proses analisis data dilakukan dengan mengkategorikan data-data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data-data tersebut. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah. Penelitian ini menemukan bahwa dalam implementasi program Rintisan SMA Bertaraf Internasional di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surabaya sudah melaksanakan program sesuai dengan kebijakan mutu yang ditetapkan. Dalam pelaksanaan masih ada faktor penghambat implementasi program yakni faktor sumber daya terkait kegiatan belajar mengajar menggunakan sistem bilingual. Implikasi praktis dalam penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi aparat sekolah dalam meningkatkan kualitasnya untuk melaksanakan program Rintisan SMA Bertaraf Internasional. Diharapkan dengan adanya hasil penelitian ini dapat diketahui bagaimana sebaiknya aparat sekolah melaksanakan program dan memperbaiki faktor-faktor yang menjadi penghambat implementasi program. Implikasi akademis dari kajian Ilmu Administrasi Negara adalah fokus dari penelitian ini, agar dapat menyukseskan implementasi program Rintisan SMA Bertaraf Internasional dengan melihat faktor komunikasi, sumber daya, disposisi, struktur birokrasi, dan dukungan kelompok sasaran. Hasil penelitian ini pada akhirnya dapat dijadikan tambahan masukan terutama kajian atas teori implementasi program.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK 2 Fis AN 32 / 11 Ali i | ||||||
Uncontrolled Keywords: | EDUCATIONS - INTERNATIONAL | ||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1603-1696.6 Secondary education. High schools |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Dewi Rekno Ulansari | ||||||
Date Deposited: | 17 Oct 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 13 Sep 2016 00:48 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16166 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |