STUDI DESKRIPTIF TENTANG HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN INTERNAL DENGAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR

HANNUM TIASARI, 070911101 (2013) STUDI DESKRIPTIF TENTANG HUBUNGAN ANTARA PENGENDALIAN INTERNAL DENGAN AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DINAS PENDAPATAN PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-tiasarihan-28326-6.abstr-k.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semangat reformasi untuk mewujudkan administrasi Negara yang mampu mendukung keterpaduan pelaksanaan tugas dan fungsi penyelenggaraan Negara seiring dengan paradigma good governance dapat dilakukan dengan mengembangkan dan menerapkan sistem akuntabilitas yang jelas, tepat dan nyata. Hal ini dapat dilakukan melalui pengendalian internal sesuai dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah mendefinisikan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang bertujuan untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Permasalahan yang diangkat oleh peneliti adalah untuk mengetahui hubungan antara pengendalian internal dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang dilakukan oleh pihak Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur agar segala kegiatan organisasi dapat terkendali sehingga tercipta pemerintahan yang bersih dan mampu menyediakan public goods and services serta menjunjung tinggi prinsip-prinsip good governance sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang bagaimanakah hubungan antara pengendalian internal dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif dimana pengambilan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Peneliti menggunakan purposive sampling dan teknik snowball dalam penentuan informan yang meliputi lima informan yang berada di instansi Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur dan benar-benar menguasai informasi tersebut agar peneliti memperoleh informasi yang akurat. Peneliti menggunakan analisis kualitatif dengan langkah reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Kesimpulan akhir yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengendalian internal memiliki hubungan dengan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Semakin efektif pengendalian internal yang dilakukan, maka semakin baik meningkat pula akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Namun, pelaksanaan pengendalian internal belum sepenuhnya dilakukan secara efektif di Dinas Pendapatan Provinsi Jawa Timur, terlebih dalam pembinaan sumber daya yang pelaksanaannya masih bergantung pada PAD. Tentu saja jika hal ini tidak segera ditemukan solusinya, maka lama kelamaan akan dapat mengancam kualitas sumber daya manusia yang merupakan aspek penting dalam keberhasilan suatu organisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.AN.27/13 Tia s
Uncontrolled Keywords: AKUNTABILITAS KINERJA
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T60-60.8 Work measurement. Methods engineering
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
HANNUM TIASARI, 070911101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGitadi Tegas, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2013 12:00
Last Modified: 18 Aug 2016 04:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item