PENGGAMBARAN MITOS CANTIK KOTA SURABAYA (Studi Semiotik Foto - Foto Kota Surabaya dalam Buku Surabaya Cantik Karya Yuyung Abdi)

Reza Anggara, 071015064 (2014) PENGGAMBARAN MITOS CANTIK KOTA SURABAYA (Studi Semiotik Foto - Foto Kota Surabaya dalam Buku Surabaya Cantik Karya Yuyung Abdi). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-anggararez-30535-6.abstr-k.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16574.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada gambaran mitos cantik yang melekat pada kota Surabaya dalam buku Surabaya Cantik karya Yuyung Abdi. Masalah ini menarik karena cantik merupakan kata sifat yang sering dilekatkan pada objek manusia, khusunya perempuan.. Dalam konteks perempuan, cantik sering digambarkan dengan rambut yang panjang, kulit putih, dan badan yang langsing. Namun dalam buku ini fotografer menggagas konsep baru yaitu dengan melekatkan predikat cantik pada kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian semiotika Roland Barthes. Metode ini digunakan karena untuk menganalisis mitos cantik kota Surabaya dalam buku Surabaya cantik melalui tahapan denotasi dan konotasi. Data yang dianalisis adalah empat foto yang didalamnya mencakup unsur – unsur pembentuk kota seperti : wisma, karya, marga, suka, dan penyempurna . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mitos cantik kota Surabaya digambarkan dengan menggunakan konsep taman dan arsitektur yang unik dan menarik. Kesimpulan ini diperoleh dari tiga foto yang masing – masing menampilkan taman sebagai objek utamanya dan satu foto menampilkan objek utama berupa bangunan dengan arsitektur yang menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.29/14 Ang p
Uncontrolled Keywords: SEMIOTIK
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT161-165 Garden cities. "The city beautiful"
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Reza Anggara, 071015064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIGAK. Satrya Wibawa, S.Sos., MCA.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2014 12:00
Last Modified: 18 Jun 2017 19:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item