Perilaku Sosial Internet (Online Social Behavior) ( Studi Deskriptif tentang Interaksi Sosial Online di Kalangan Komunitas Online "Kaskus" Regional Surabaya )

Shiefti Dyah Alyusi, 070710260 (2011) Perilaku Sosial Internet (Online Social Behavior) ( Studi Deskriptif tentang Interaksi Sosial Online di Kalangan Komunitas Online "Kaskus" Regional Surabaya ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-alyusishie-20456-fisiip-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16720.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehadiran internet telah membawa perubahan yang besar dalam kehidupan manusia. Kehadirannya memberikan banyak kemudahan dan kenikmatan bagi pengguna, salah satunya menjalin hubungan dengan orang lain yang belum pernah ia kenal dengan cara berinteraksi sosial online dalam sebuah komunitas online, misalnya komunitas online Kaskus. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai perilaku sosial online oleh anggota komunitas online Kaskus Regional Surabaya, yang meliputi proses bergabungnya anggota ke dalam komunitas online, perilaku interaksi sosial online dan modal sosial terbentuk saat berinteraksi sosial online dalam komunitas online. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan rancangan non random. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Ego Centered Network. Teknik ini digunakan pada saat pengambilan sampel secara online yang mana dengan cara menyebar kuisioner langsung kepada para anggota komunitas online Kaskus Regional Surabaya. Populasi sampel sebanyak 1665 anggota komunitas online Kaskus Regional Surabaya, sedangkan sampel sebanyak 118 orang, jumlah sampel tersebut diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner yang kembali kepada peneliti. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner, wawancara, data sekunder, dan studi pustaka. Dari analisa data yang diperoleh, dapat diketahui bahwa perilaku sosial online di kalangan komunitas online Kaskus Regional Surabaya didominasi oleh pelaku yang berjenis kelamin laki-laki. Alasan responden bergabung dengan komunitas online Kaskus adalah informasi dalam Kaskus selalu update dan menarik. Berdasarkan hasil temuan menyatakan bahwa kepentingan member bergabung dalam komunitas online Kaskus yaitu untuk menambah pengetahuan. Perilaku interaksi sosial online yang sering dilakukan oleh anggota Kaskus regional Surabaya adalah sharing informasi. Sebagian besar anggota komunitas Kaskus sering menggunakan simbol sebagai perwakilan ekspresi diri yang tidak terlihat saat berkomunikasi secara online. Penggunaan identitas lain saat bergabung dalam komunitas online cenderung digunakan oleh member dikarenakan untuk menjaga privasi. Saat berinteraksi sosial online pasti terbentuk adanya modal sosial yang meliputi kepercayaan dan pertukaran. Hal ini pun terjadi dalam komunitas online Kaskus Regional Surabaya. Kata Kunci: Komunitas Online, Interaksi sosial online, Modal Sosial, Kaskus ix

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 20/11 Aly p
Uncontrolled Keywords: SOCIAL INTERACTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Shiefti Dyah Alyusi, 070710260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahma Sugihartati, NIDN. 0001046501UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 24 Jun 2019 07:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16720
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item