PERILAKU PENGAKSESAN DAN PEMANFAATAN INTERNET DALAM KEGIATAN AKADEMIK DI KALANGAN SISWA SD

DAHNIAR WAHYU AFIANDINI, 070710591 (2011) PERILAKU PENGAKSESAN DAN PEMANFAATAN INTERNET DALAM KEGIATAN AKADEMIK DI KALANGAN SISWA SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-afiandinid-20528-fisiip-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
16736.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengaksesan dan pemanfaatan internet dewasa ini telah banyak dilakukan oleh berbagai kalangan dalam masayarakat termasuk orang dewasa bahkan anak anak dengan berbagai kepentingan masing-masing. Seiring berjalannya waktu internet mulai digunakan sebagai media penunjang dalam pembelajaran termasuk anak-anak baik di sekolah maupun di rumah. Adanya fasilitas internet di sekolah menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia semakin berkembang. Di sekolah internasional misalnya internet merupakan media utama dalam pembelajaran dan fasilitas internet di sekolah telah disediakan baik di ruang kelas, laboratorium komputer, maupun di perpustakaan dimana fasilitas tersebut membantu dalam pembelajaran di sekolah. Dalam penggunaan internet tentu saja tidak lepas dari dampak positif dan negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan internet yang kurang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji dan memahami perilaku pengaksesan dan pemanfaatan internet dalam kegiatan akademik di kalangan siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskripstif dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah purposif sampling dengan mengambil persentase sampel yang sama di tiap-tiap unit. Populasi sampel sebanyak 231 siswa kelas 4 hingga kelas 6 Sekolah Ciputra Elementary, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 69 orang responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, observasi, data sekunder, dan studi pustaka. Dari analisa data yang diperoleh, dapat diketahui bahwa pemanfaatan internet oleh anak-anak digunakan untuk aktivitas hiburan dan pembelajaran. Pengaksesan internet dapat dilakukan anak-anak baik di sekolah dan dirumah dimana anak yang mengakses internet di rumah dan di sekolah dapat cenderung dikelompokkan ke medium user. Dalam kegiatan akademik internet digunakan oleh siswa untuk mendownload referensi dalam proses pembelajaran, menyelesaikan tugas, dan diskusi. Aktifitas multitasking sering dilakukan oleh siswa dengan membuka situs facebook dan game online disamping membuka situs utama. Siswa perempuan lebih cenderung melakukan multitasking dengan situs yang dibuka adalah facebook. Aktivitas multitasking yang dilakukan siswa maka siswa akan cenderung tidak fokus pada situs utama dan cenderung untuk memiliki resiko dalam penggunaan internet. Kata Kunci : Pengaksesan Interenet, Pemanfaatan Internet, Kegiatan Akademik, dan Anak-anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK 2 Fis. IIP. 35/11 Afi p
Uncontrolled Keywords: STUDENT BEHAVIOR ; INTERNET
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB51-885 Systems of individual educators and writers
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
DAHNIAR WAHYU AFIANDINI, 070710591UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Y, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 16:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/16736
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item