STUDI SEMIOTIK REPRESENTASI WARNA MERAH PEDANG LIGHTSABER DARTH VADER DALAM FILM STAR WARS EPISODE III : REVENGE OF THE SITH EPISODE IV : A NEW HOPE

Yudith Ari Prasetyo, 070216728 (2007) STUDI SEMIOTIK REPRESENTASI WARNA MERAH PEDANG LIGHTSABER DARTH VADER DALAM FILM STAR WARS EPISODE III : REVENGE OF THE SITH EPISODE IV : A NEW HOPE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
6.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
17783.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Banyak pilihan media yang bisa digunakan untuk memberikan tempat kepada sebuah ideologi untuk bekerja, salah satu bentuknya yaitu film karena sanggup menjangkau banyak tempat dan diterima oleh banyak kalangan. Film yang kali ini diteliti adalah film Star Wars Episode III : Revenge of the Sith (ROTS) dan Episode IV : A New Hope (ANH), film yang memiliki popularitas besar di dunia. Salah satu film tersebut (ROTS) merupakan salah satu film paling dinantikan sepanjang sejarah, karena film tesebut melihat kembali bagaimana latar belakang kisah Star Wars diakhiri atau dijelaskan. Pada seri ketiga inilah, orang akan mengetahui bagimana Anakin Skywalker (Anakin) bisa berubah menjadi karakter jahat legendaris Darth Vader (Vader) dan bagaimana warna lightsaber Vader yang berubah menjadi merah setelah ia bergabung dengan kaum Sith. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi warna merah pedang bercahaya (lightsaber) yang digunakan oleh Vader melalui analisis tokoh Vader (Anakin). Selain itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan penelitian terdahulu yang menggunakan studi semiotik, terutama semiotik film di Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Airlangga. Diharapkan dari penelitian ini nantinya dapat membantu para khalayak umum dan khalayak film Star Wars pada khususnya dalam menangkap pesan-pesan yang ingin disampaikan dalam perwujudan representasi warna merah lightsaber seorang Vader. Penelitian ini merupakan penelitian deskripitif dengan menggunakan studi semiotik yang mengacu pada model Peirce dan kerangka analisis film dari Fiske. Unit analisis dalam penelitian ini terdiri dari tiga level analisis, yakni level realitas, representasi, dan ideologi. Teknik pengumpulan datanya terdiri dari 2 macam, yaitu melalui teknik dokumentasi melalui rekaman DVD film Star Wars (ROTS & ANH) serta studi kepustakaan untuk melakukan teknik analisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah ketika Anakin telah menjadi Vader, ia telah menjadi seorang tokoh antagonis yang kemudian diwakili dengan warna merah lightsaber, padahal sebelumnya berwarna biru. Sehingga representasi warna merah lightsaber memiliki makna bahaya, emosional, sadis, dan pendendam (baca : Jahat) dari sifat tokoh yang memakainya dalam film ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK � 2 Fis K 05/07 Pra s
Uncontrolled Keywords: MOTION PICTURE FILM; SEMIOTICS
Subjects: T Technology > TR Photography > TR845-899 Cinematography. Motion pictures
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Yudith Ari Prasetyo, 070216728UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYan Yan Cahyana, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 08 May 2007 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/17783
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item