PEMANFAATAN INFORMASI MELALUI MEDIA MASSA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN INFORMASI MELALUI MEDIA MASSA UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA)

Ivo Nevia, 070417479 (2008) PEMANFAATAN INFORMASI MELALUI MEDIA MASSA (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PEMANFAATAN INFORMASI MELALUI MEDIA MASSA UNTUK KEPENTINGAN AKADEMIS DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2010-neviaivo-13419-fisiip-k.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-neviaivo-11586-fisiip-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Proses pencarian informasi, tidak bisa dipisahkan dengan kebutuhan informasi dan sumber informasi. Kebutuhan informasi melatarbelakangi seseorang untuk melakukan perilaku informasi. Sedangkan media yang digunakan dalam mencari informasi disebut dengan sumber informasi. Yang mana sumber informasi untuk saat ini banyak tersedia baik dalam bentuk cetak maupun noncetak. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori pencarian informasi dari Wilson. Dimana saat ini telah banyak penelitian-penelitian yang menggunakan teori Wilson. Gambaran mengenai pencarian informasi yang dilakukan oleh mahasiswa bisa diteliti menggunakan variabel pertanyaan meliputi alasan dan artikel yang dicari relevan dengan kajian ilmu mahasiswa. Sedangkan sumber informasi dispesifikasikan pada penggunaan media massa baik cetak maupun noncetak menggunakan teori Uses and Gratification Model. Perilaku mencari informasi yang dilakukan oleh mahasiswa, menurut Elihu Katz terkait dengan kebutuhan kognitif, afektif, intregatif personal, intregatif sosial dan kebutuhan akan pelarian. Wilson menambahkan dalam mencari informasi akan ditemui hambatan dilihat dari kondisi psikologis seseorang, demografis, peran seseorang di masyarakat, lingkungan dan karakteristik sumber informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis IIP 04/10 Nev p
Uncontrolled Keywords: perilaku pencarian informasi, media massa.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Ivo Nevia, 070417479UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo, S.SosUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Sep 2010 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 06:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item