OPTIMALISASI KINERJA ROOM BOY (Studi deskriptif tentang upaya mengoptimalkan kinerja room boy di Departemen Housekeeping Hotel Bumi Surabaya)

MOCH. FAHMIRUDIN, 070902062 (2013) OPTIMALISASI KINERJA ROOM BOY (Studi deskriptif tentang upaya mengoptimalkan kinerja room boy di Departemen Housekeeping Hotel Bumi Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-fahmirudin-25842-7.abst-i.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
F6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Hotel Bumi Surabaya merupakan salah satu hotel berbintang lima yang ada di Surabaya dan hampir setiap bulannya memiliki tingkat hunian kamar rata – rata diatas 50%. Hotel Bumi Surabaya memiliki beberapa departemen yang salah satunya adalah departemen housekeeping. Departemen housekeeping sebagai bagian penting dari hotel yang tugasnya membersihkan dan menyiapkan kamar hotel harus ditangani oleh tenaga - tenaga yang terampil dan profesional ini karena bagi sebagian besar hotel, kamar merupakan sumber penghasilan pertama dari hotel dan tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibanding dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Di Hotel Bumi Surabaya seorang room boy bertanggung jawab atas make up room / pembersihan kamar dengan beban kerja adalah sejumlah empat belas buah kamar dari seluruh kamar yang dimiliki pada setiap hari dikerjakan dalam kondisi tingkat hunian hotel rata – rata mencapai 50% dari jumlah kamar terisi. Begitu pentingnya room boy/room attendant ini sehingga harus profesional untuk memenuhi target yang telah ditentukan agar tercapainya profit dari hotel tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut maka fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala – kendala yang dihadapi room boy dalam mengoptimalkan kinerjanya dan bagaimana upaya untuk mengoptimalkan kinerja room boy saat tingkat hunian kamar hotel rata – rata diatas 50%. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan menggambarkan secara tepat keadaan, sebab dan akibat dalam suatu permasalahan tertentu dengan pendekatan kualitatif yang berisi kutipan-kutipan untuk memberi gambaran dalam penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu dari observasi, wawancara, serta penggunaan bahan dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari staf room boy dan supervisor/team leader housekeeping. Adapun hasil setelah melalui proses penelitian di atas menunjukkan dan diketahui bahwa kendala – kendala yang dihadapi room boy dalam mengoptimalkan kinerjanya adalah mengenai kondisi kamar yang akan dimake up atau dibersihkan, kesediaan tamu yang menginap di kamar tersebut untuk dibersihkan kamarnya, jumlah cleaning kit dan chemical yang tersedia terbatas, persediaan guest supplies serta stock/cadangan linen yang ada dalam hal ini towel dan sheet yang tidak sesuai dengan standar hotel berbintang lima yang seharusnya 3 par stock tetapi hanya 1 par stock serta terbatasnya peralatan kerja yang ada dalam hal ini vacuum cleaner dan squeegee kaca sedangkan upaya untuk mengoptimalkan kinerja room boy saat tingkat hunian kamar hotel rata – rata diatas 50% adalah dengan preparation/penyiapan guest supplies dan linen, melalui pelatihan yang diadakan bagi room boy, penambahan peralatan kerja, pengawasan terhadap kinerja room boy ataupun sheet itu sendiri, dari komentar tamu yang menginap, dan dengan adanya penghargaan atau reward.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.PW.08/13 Fah o
Uncontrolled Keywords: HOTEL MANAGEMENT
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
T Technology > TX Home economics > TX955-985 Building operation and housekeeping
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pariwisata (D3)
Creators:
CreatorsNIM
MOCH. FAHMIRUDIN, 070902062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovianto Edi Suharno, SST. Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Joko Iskandar
Date Deposited: 23 Jul 2013 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 00:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/18457
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item