EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP SANITASI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT YASMIN BANYUWANGI TAHUN 2010

ZAINURITA, 100830260 (2010) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP SANITASI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT YASMIN BANYUWANGI TAHUN 2010. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-zainurita-15188-kkckkf-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-zainurita-18137-kkckkf-k.pdf

Download (322kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah sakit merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang memiliki peran sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi yang mempunyai visi “The First Choise Hospital” atau “Menjadi Rumah Sakit Pilihan Pertama”, berfokus pada kepuasan pasien, sehingga harus meningkatkan kualitas pelayanan baik medis maupun non medis, termasuk fasilitas sanitasi. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi tingkat kepuasan pasien terhadap fasilitas sanitasi ruang perawatan di Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi. Jenis penelitian ini bersifat observasional dengan besar sampel 92 pasien. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Waktu penelitian bulan Mei tahun 2010. Variabel penelitian terdiri atas variabel bebas yaitu sanitasi ruang perawatan dan variabel terikat yaitu kepuasan pasien. Teknik pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara dan pengukuran, data sekunder diperoleh dari dokumen Rumah Sakit. Pengolahan data dengan cara editing, cooding, dan tabulasi. Data di analisis dan disajikan secara deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sanitasi ruang perawatan diperoleh skor kelas I dan VIP 98,1%, kelas II 94,3% dan kelas III 93,7%. Tingkat kepuasan pasien terhadap fasilitas sanitasi ruang perawatan sebesar 3,54-4,30. Kesimpulan dari penelitian ini adalah fasilitas sanitasi ruang perawatan memenuhi syarat sesuai dengan Kepmenkes No.1204/Menkes/SK/X/2004, pada tingkat kepuasan terhadap fasilitas sanitasi ruang perawatan semua responden menyatakan puas. Disarankan pada Rumah Sakit Yasmin Banyuwangi selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 174/10 Zai e
Uncontrolled Keywords: PATIENT SATISFACTION AND SANITATION
Subjects: T Technology
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
ZAINURITA, 100830260UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirih Yudhastuti, Dr., drh.,M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 30 Apr 2011 12:00
Last Modified: 03 Aug 2016 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item