KELUHAN KESEHATAN PEKERJA YANG TERPAPAR PANAS DAN UPAYA PENGENDALIANNYA (Studi Pada Pada Pekerja Pemelihara Jalan Rel di Resort Jalan Rel 82 Pasar Turi, Daerah Operasi VIII Surabaya, PT. Kereta Api Indonesia (Persero)

SUDARSIH NUR NUGROHO SARI, 100730289 (2009) KELUHAN KESEHATAN PEKERJA YANG TERPAPAR PANAS DAN UPAYA PENGENDALIANNYA (Studi Pada Pada Pekerja Pemelihara Jalan Rel di Resort Jalan Rel 82 Pasar Turi, Daerah Operasi VIII Surabaya, PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sarisudars-12705-fkm172-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sarisudars-11005-fkm172-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. KAI (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa transportasi darat dimana ada bagian kegiatan bekerja yang melibatkan suhu tinggi dan sumber radiasi panas. Hal ini mempunyai potensial tinggi untuk menyebabkan tekanan panas terhadap pekerja. Untuk itu, iklim kerja yang memenuhi syarat, serta upaya untuk mengendalikan lingkungan kerja yang panas perlu diperhatikan agar tidak terjadi keluhan pada pekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keluhan kesehatan yang dialami oleh pekerja yang terpapar panas dan upaya pengendalian terhadap panas yang dilakukan PT. KAI (Persero). Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan secara observasionaldengan pendekatan cross sectional. Objek penelitian ini adalah lingkungan kerja dan pekerja yang bekerja pada bagian pemeliharaan jalan rel yang berjumlah 25 orang. Variabel yang diteliti antara lain kondisi iklim kerja, pekerja yang meliputi umur, masa kerja, kebiasaan minum, jam kerja dan istirahat, keluhan kesehatan yang dirasakan pekerja serta upaya pengendalian. Data primer didapatkan dari kuisioner, observasi, wawancara dan pengukuran yang meliputi suhu , kelembapan relative, kecepatan aliran udara, suhu radiasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan pengukuran iklim kerja didapatkan bahwa iklim kerja di bagian ini melebihi ketentuan NAB. Didapatkan pula bahwa 100% pernah mengalami keluhan kesehatan. Keluhan kesehatan yang paling banyak dialami adalah keluar banyak keringat 100%, kelelahan otot 100%, dan haus 100%. Adapun upaya pengendalian yang dilakukan oleh perusahaan meliputi administrative dan APD. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan diadakan tes kesegaran jasmani, tes darah dan tes ginjal pada pemeriksaan kesehatan baik sebelum bekerja maupun berkala, dan disarankan juga pemberian minuman pengganti elektrolit tubuh kepada pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 172 / 09 Sar k
Uncontrolled Keywords: work climate, work related desease, WBGT
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
SUDARSIH NUR NUGROHO SARI, 100730289UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho'im Hidayat, Dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 19 Jul 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 11:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22317
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item