PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER IKLAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN MOTOR SUZUKI MELALUI SIKAP ATAS IKLAN DAN MEREK PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI SURABAYA

AGUNG PRAMUDIYANTO, 040117137 (2009) PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER IKLAN TERHADAP NIAT PEMBELIAN MOTOR SUZUKI MELALUI SIKAP ATAS IKLAN DAN MEREK PADA MAHASISWA PERGURUAN TINGGI DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-pramudiyan-11724-b14009-k.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2349.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kredibilitas adalah aset yang berharga, sebab suatu sumber yang kredibel mampu menarik perhatian yang besar terhadap iklan dan meningkatkan recall terhadap iklan tersebut. Konsep kredibilitas seperti itu dikenal dengan kredibilitas sumber iklan. Menurut Lafferty, Goldsmith, dan Newell (2000), kredibilitas sumber iklan didefinisikan sebagai rentang persepsi penerima pesan melihat sumber memiliki pengetahuan, keterampilan atau pengalaman sehingga dapat dipercaya untuk memberikan informasi yang obyektif dan tidak bias. Kredibilitas sumber iklan dapat dikonsepkan dengan dua cara, yaitu kredibilitas bintang iklan dan kredibilitas perusahaan. Namun dalam perkembangannya, banyak penelitian yang dilakukan untuk meneliti konsep kredibilitas bintang iklan, sedangkan penelitian mengenai kredibilitas perusahaan kurang mendapatkan perhatian. Penelitian ini mengambil fokus pengaruh kredibilitas sumber terhadap niat pembelian melalui sikap atas iklan dan merek. Penelitian ini menggunakan alat analisa path analysis (analisis jalur) untuk menguji hubungan kausal antara variabel bebas terhadap variabel tergantung. Konsekuensi dari adanya dua variabel antara didalam model analisis jalur membuat adanya tiga persamaan regresi yaitu : 1) Z1= γX1 + γX2 + e1 2) Z2= γX2 + βZ1 + e2 3) Y= βΖ1 + βΖ2 + γX2 + e3 Hasil dari penelitian ini menunjukkan dari tujuh hipotesis yang ada, dua diantaranya ditolak. Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan yang dapat menjadi dasar untuk penelitian selanjutnya yang meneliti iklan yang menggunakan bintang iklan selebriti dan dasar untuk mengelola persepsi atas reputasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 140 / 09 Pra p
Uncontrolled Keywords: kredibilitas sumber iklan, niat pembelian, sikap atas iklan, sikap atas merek.
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG PRAMUDIYANTO, 040117137UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Utami S, Dra. Ec., Hj., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 26 Apr 2010 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2349
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item