FAKTOR RISIKO KEJADIAN STROKE ISKEMIK PADA USIA PRODUKTIF

Dyan Kartika Sari, 100810298 (2012) FAKTOR RISIKO KEJADIAN STROKE ISKEMIK PADA USIA PRODUKTIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-saridyanka-21046-7.abstr-k.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stroke merupakan penyebab kematian ketiga di dunia. Sekarang stroke mulai menyerang pada kelompok usia muda. Stroke iskemik merupakan jenis stroke yang paling banyak diderita daripada stroke hemorage. Gaya hidup dan riwayat penyakit merupakan faktor risiko yang mempengaruhi kejadian stroke iskemik pada usia muda. Penelitian ini meneliti faktor risiko yang mempengaruhi kejadian stroke iskemik pada usia produktif. Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan case control. Sampel penelitian berjumlah 64 orang, 32 orang pada kelompok kasus dan 32 orang pada kelompok kontrol. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Variabel terikat dalam penelitian adalah stroke iskemik. Variabel bebas adalah umur, kebiasaan merokok, terpapar asap rokok, kebiasaan olahraga, kebiasaan makan berkolesterol, Periodontitis, Transient Ischeamic Attack, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Penyakit Jantung Koroner dan Hiperkolesterolemia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan food frequency. Analisis data menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara Hipertensi OR= 6,538 (95% C.I= 1,720-24,856) dan Penyakit Jantung Koroner OR= 15,172 (95% C.I= 1,495-153,923) terhadap kejadian stroke iskemik pada usia produktif. Sedangkan Umur, Perilaku merokok, Terpapar Asap Rokok, Kebiasaan Olahraga, Kebiasaan makan berkolesterol, Periodontitis, TIA, Diabetes Mellitus dan Hiperkolesterolemia tidak signifikan berpengaruh terhadap kejadian stroke iskemik pada usia produktif. Kesimpulan penelitian adalah faktor yang mempengaruhi kejadian stroke iskemik pada usia produktif adalah Hipertensi dan Penyakit Jantung Koroner. Promosi kesehatan, mengurangi kebiasaan merokok, pola makan gizi seimbang, olahraga secara teratur dan check up teratur ke pelayanan kesehatan merupakan cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kejadian stroke iskemik pada usia produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 51 / 12 Sar f
Uncontrolled Keywords: ISCHEMIA; CYTOKINES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Dyan Kartika Sari, 100810298UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Martini,, Dr., dr., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email okta@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2012 12:00
Last Modified: 21 Sep 2016 04:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23642
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item