HUBUNGAN TINGKAT KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KEPUASAN KERJA DENGAN TINGKAH LAKU VOLUNTEERING PADA SUKARELAWAN YAYASAN PERMATA INSANI

FITRI HIKMAWATI, 110110479 (2006) HUBUNGAN TINGKAT KOHESIVITAS KELOMPOK DAN KEPUASAN KERJA DENGAN TINGKAH LAKU VOLUNTEERING PADA SUKARELAWAN YAYASAN PERMATA INSANI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2006-hikmawatif-3175-psi880-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
26495.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada hubungan antara kohesivitas Kelompok dan Kepuasan Kerja dengan tingkah laku volunteering pada sukarelawan Yayasan Permata Insani. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan tertentu. Variabel penelitian ini adalah kohesivitas kelompok, kepuasan kerja, dan tingkah laku volunteering. Metode pengumpulan datanya terdiri dari kuisioner skala kohesivitas kelompok; skala kepuasan kerja; serta penelusuran dokumentasi struktur organisasi dan informasi dari para sukarelawan. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan penentuan jumlah sample berdasarkan rumus sampling (diperoleh 50 responden). Validitas alat ukur menggunakan contruct validity dan content validity. Reliabilitas alat ukur menggunakan koefisen Alfa Cronbach. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi product moment. Hasil analisis secara keseluruhan memperlihatkan tidak ada hubungan antara kohesivitas kelompok dan kepuasan kerja dengan tingkah laku volunteering pada sukarelawan Yayasan Permata Insani. Nilai R2 menunjukkan bahwa kohesivitas kelompok dan kepuasan kerja dapat memprediksi tingkah laku volunteering hanya sebesar 5.7% saja. Melalui uji korelasi product moment menunjukkan nilai (r ) sebesar 0.234 dan taraf signifikansi (p) sebesar 0.086 pada kohesivitas kelompok dengan tingkah laku volunteering. Artinya, tidak ada hubungan yang signifikan antara du variabel tersebut. Sedangkan, antara variabel kepuasan kerja dengan tingkah laku volunteering ditemukan nilai (r) sebesar 0.622 debgan taraf signifikansi (p) sebesar 0.068. Artinya, kedua variabel tersebut tidak menunjukkan hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi 88/06 Hik h
Uncontrolled Keywords: SOCIAL PROBLEMS; JOB SATISFACTION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
FITRI HIKMAWATI, 110110479UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorC.D. Ino Yuwono, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 12 Dec 2006 12:00
Last Modified: 15 Jun 2017 16:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26495
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item