Pedagogical Content Knowledge Pada Guru Honorer

USWATUN DWI UTAMI (2015) Pedagogical Content Knowledge Pada Guru Honorer. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (352kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2023.

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2023.

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2023.

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2023.

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 April 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pedagogical content knowledge guru honorer. Guru honorer merupakan seorang guru yang diangkat secara resmi oleh pemerintah untuk mengatasi kekurangan guru yang berstatus sebagai pekerja tidak tetap untuk melaksanakan tugas mendidik dan mengajar sesuai bidang kompetensinya. Pedagogical content knowledge menggambarkan perpaduan aspek konten dan pedagogi yang menjadi sebuah pemahaman tentang bagaimana suatu topik, problem atau isu diorganisasikan, direpresentasikan dan disesuaikan terhadap minat dan kemampuan murid-muridnya kedalam praktek pengajaran (Shulman, 1986). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan merode studi kasus instrinsik. Subyek terdiri dari tiga guru honorer. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Hasil penelitian menujukkan bahwa pedagogical content knowledge pada guru honorer tampak dari bagaimana guru menindaklanjuti pemahaman dan penguasaannya terhadap materi ajar dan praktek pengajaran, melalui upaya penggunaan media pembelajaran pendukung, melakukan variasi pengajaran dan variasi bahan ajar, serta adanya upaya adaptasi terhadap pengetahuan yang telah dimiliki siswa sebelumnya. Cara-cara tersebut dimaksudkan agar guru mampu menciptakan proses pembelajaran yang lebih baik, sehingga para siswa dapat memahami materi ajar dengan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 PSI.17/15 Uta p
Uncontrolled Keywords: pedagogical content knowledge, honorary teacher
Subjects: H Social Sciences
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
USWATUN DWI UTAMINIM111111095
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRudi CahyonoNIDN0010098104
Depositing User: Ms noviyanti wulandari
Date Deposited: 17 Dec 2015 12:00
Last Modified: 05 Jun 2020 02:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item