DISTRIBUSI BAHAN BAKAR MINYAK DI SURABAYA 1966-1976

BUDI FIRMANSAH, 120110292 (2006) DISTRIBUSI BAHAN BAKAR MINYAK DI SURABAYA 1966-1976. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-idewamades-1573-fssej1-k.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (full text)
firman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mengkaji tentang penyaluran bahan bakar minyak, khususnya minyak tanah dan bensin di Kota Surabaya yang di mulai pada tahun 1966 sampai tahun 1976. Sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya memiliki kebutuhan yang tinggi akan minyak tanah dan bensin. Pembangunan Kota Surabaya tidak lepas dari peran serta minyak tanah dan bensin. Pemerintah Kotamadya Surabaya mengadakan sumbangan sosial yang dimasukkan ke dalam harga minyak tanah dan bensin. Hasil sumbangan tersebut dipergunakan untuk memperbaiki dan membangun sarana umum agar pelayanan kepada masyarakat dapat lebih baik lagi. Pokok pembahasan dalam skripsi ini didasarkan pada dua permasalahan penting, yakni bagaimana pelaksanaan distribusi minyak tanah dan bensin di Surabaya pada tahun 1966-1976, dan bagaimana kondisi harga minyak tanah dan bensin di Surabaya pada tahun 1966-1976. Pola penyaluran minyak tanah diatur oleh Pemerintah Kotamadya Surabaya. Pemerintah Kotamadya Surabaya pada periode itu banyak mendirikan dan memperluas stasiun pumpa bensin umum guna melancarkan arus angkutan barang dan penumpang. Untuk harga eceran tertinggi minyak tanah di Surabaya diatur oleh Pemerintah Kotamadya Surabaya. Dari berbagai persoalan tersebut, penulis berusaha mengkajinya dengan seperangkat metode yang sudah lazim dalam penulisan Ilmu Sejarah. Metode tersebut meliputi pemilihan topik, heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hal ini dilakukan untuk memperoleh kajian yang dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu dalam studi ini juga mengambil konsep tentang distribusi minyak tanah dan bensin. Konsep tersebut dapat menggambarkan tentang penyaluran minyak tanah dan bensin serta keadaan masyarakat dalam hal ketergantungannya akan minyak tanah dan bensin. Hasil akhir dari studi ini adalah memberikan informasi mengenai gambaran distribusi minyak tanah dan bensin di Kota Surabaya pada tahun 1966 yang kemudian adanya kebijakan Pemerintah Kota Surabaya pada Pelita I tentang sumbangan sosial yang dibebankan kepada masyarakat melalui harga minyak tanah dan bensin memperlihatkan sangat pentingnya peranan minyak tanah dan bensin di Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej 19/06 Fir d
Uncontrolled Keywords: PETROLEUM
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TP690-692.5 Petroleum refining. Petroleum products
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
BUDI FIRMANSAH, 120110292UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPurnawan Basundoro, SS., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Aug 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 18:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/26923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item